Trimedya akan Lakukan Peremajaan dan Putar Sikuit Gulat di Periode Kedua Kata Gusti Randa

 Trimedya akan Lakukan Peremajaan dan Putar Sikuit Gulat di Periode Kedua Kata Gusti Randa

Gusti Randa, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PGSI/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Arah pembinaan gulat Indonesia akan ditentukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) yang akan digelar di Medan, Sumatera Utara, 28 Oktober 2022.

Hal itu terkait dengan keinginan Ketua Umum PB PGSI, Trimedya Panjaitan melakukan terobosan baru dalam upaya meningkatkan prestasi gulat Indonesia jika terpilih kembali menjabat Ketua Umum PB PGSI periode 2022-2027 di Munas tersebut.

“Pak Trimedya Panjaitan bersedia dipilih kembali di Munas PGSI. Dan, kita juga sudah merancang grain desain pembinaan olahraga gulat untuk periode kedua kepemimpinannya,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PGSI, Gusti Randa di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Menuruit Gusti, beberapa program pokok dalam grain desain pembinaan olahraga gulat tersebut. Di antaranya, peremajaan atlet gulat, peningkatan kualitas wasit dan pelatih melalui program penataran dan menggelar turnamen serta Sirkuit Gulat Indonesia.

“Sirkuit ini pertama kali digelar dalam sejarah gulat Indonesia. Rencananya akan digelar dalam 4 Seri setiap tahun sehingga memperbanyak jam terbang atlet gulat. Dari hasil Sirkuit ini akan disusun peringkat atlet gulat Indonesia yang akan diterjunkan pada single maupun multi event,” jelasnya.

Jadwal Munas PGSI ditetapkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PGSI secara visual di Hotel Century Senayan Jakarta, Rabu,(29/6/2022). Sebelum Munas, rencananya akan digelar Turnamen Gulat Piala Puan Maharani.

Trimedya Panjaitan yang juga hadir langsung di Rakernas PGSI ini mengatakan bahwa sinergitas antara lembaga sangat dibutuhkan untuk dapat melahirkan prestasi olahraga, utamanya cabang olahraga gulat untuk ke depan.

“Baik itu sinergitas antar lembaga olahraga, pemerintah dan pihak swasta yang sejauh ini punya peran yang sama untuk memajukan prestasi olahraga Indonesia. Prestasi cabang gulat di SEA Games 2021 Hanoi berhasil melebihi target dari dua medali perak menjadi tiga mendali perak. Tanpa sinergitas mustahil prestasi olahraga, khususnya di cabor gulat akan bisa kita lahirkan,” kata Trimedia.

Ditambahkan Trimedia, dirinya pada kesempatan terhormat di Rakernas PP PGSI ini ingin mengajak seluruh pembina gulat di Tanah Air untuk bergotong-royong menghadirkan sinergitas demi dapat menghadirkan prestasi lebih bagus gulat di masa mendatang.

“Kepengurusan saya akan berakhir Oktober ini, tapi mudah-mudahan saya kembali dipercaya memimpin PP PGSI dan saya akan berusaha sekuat tenaga meningkatkan sinergitas di cabang gulat agar dapat menaikan prestasi dan menghadirkan medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja,” kata Trimedia yang disambut dengan tepuk tangan peserta Rakernas PP PGSI.

Hadir pada Rakernas ke-3 PP PGSI 2022 antara lain, Deputi IV Kemenpora Candra Bhakti (virtual), Sekjen PP PGSI, Steven Musa, Bendum PP PGSI Harry Sanusi, Kabid Luar Negeri Yahya Majid, Humas PP PGSI Dedy ‘Miing’ Gumelar dan Ketua Pengprov PGSI Sumatera tara yang juga adalah Bupati Deli Serdang Darma Wijaya serta 26 Pengprov PP PGSI yang hadir secara virtual. (azh)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.