The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi, Buku Unik yang Menggulirkan Gerakan Kebajikan

 The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi, Buku Unik yang Menggulirkan Gerakan Kebajikan
Oleh: Nurcholis MA Basyari

Alhamdulillah, buku The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi telah naik cetak ulang yang ke-7 sehingga total oplag buku super best seller itu mencapai 140 ribu eksemplar dalam 3,5 tahun. Teristimewa lagi, edisi ke-7 itu khusus dicetak eksklusif untuk Grup NRA Tour & Travel Jakarta.

Pencapaian tersebut yang sungguh sangat spektakuler dan patut disyukuri bukan hanya oleh Mas Aqua selaku penulisnya dan saya sebagai editornya melainkan juga segenap komponen bangsa ini. Bagi para mitra Mas Aqua, baik sebagai donatur, sponsor, pembeli, maupun pembaca, dukungan mereka untuk penyebaran buku inspiratif tersebut tidak sia-sia.

Selain kandungan ilmu dan contoh-contoh nyata tentang pentingnya silaturahim sebagai kunci sukses menjalin komunikasi dan menjalani kehidupan, buku tersebut sarat nilai dan pesan moral kebajikan. Mendukung buku tersebut (baca: membeli, menyebarkan, atau membacanya) sama artinya menebarkan dan menyemai perdamaian dan cinta kasih pada diri, keluarga, sesama anak bangsa, dan makhluk ciptan-NYA di bumi yang satu ini.

Buku The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi  memang unik. Buku tersebut tidak hanya memuat paket kombinasi teori dan praktik silaturahim yang konsisten dan sukses dilakoni seorang Aqua Dwipayana. Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, itu bukan hanya pandai bicara saja alias omdo atau omong doang. Lebih dari itu, motivator yang sudah tampil ribuan kali di seluruh Indonesia dan puluhan negara tersebut sangat dikenal sebagai ahlinya dalam mempraktikkan silaturahim.

Efek Guliran Bola Salju

Lebih unik lagi, buku yang dicetak pertama kali pada April 2016 itu pun turut menggulirkan silaturahim dan kegiatan berbagi terhadap sesama bagaikan efek bola salju. Bagaimana caranya? Oleh Mas Aqua selaku pemegang hak cipta, hasil penjualan buku The Power of Silaturahim itu didedikasikan sepenuhnya untuk membantu sesama, terutama kaum fakir-miskin dan para janda. Selain itu, secara konsisten, Mas Aqua juga mengalokasikannya untuk memberangkatkan umroh puluhan orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan beragam latar belakang sosial ekonomi.

Jamaah umroh yang diberi nama The Power of Silaturahim (POS) I menunaikan ibadah ke Tanah Suci di Mekah dan Madinah, Arab Saudi, pada 8-16 Januari 2017. Jumlah pesertanya 35 orang. Jamaah POS II yang berjumlah 39 orang diberangkatkan untuk umroh pada 18-26 April 2018. Adapun jamaah POS III yang berjumlah 50 orang melaksanakan umroh pada 4-12 April 2019.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Profesi dan pekerjaannya antara lain guru SD, guru mengaji, anggota TNI-Polri, wartawan, pegiat lingkungan, pekerja sosial, mahasiwa, pensiunan pegawai negeri-swasta, marbot masjid, tukang becak, pemulung, tukang parkir, pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, sopir, office boy, cleaning service. Sebagian besar dari para peserta umroh itu belum pernah saling kenal dan bertemu, termasuk dengan Mas Aqua dan saya selaku ketua rombongan. Alhamdulillah, ini uniknya, mereka begitu bersemangat mengurus semua persyaratan dan percaya saja berangkat ke Jakarta pada hari H untuk berkumpul sehari sebelum bertolak ke Tanah Suci.

Bak gayung bersambut. Guliran bola salju makin membesar tak terbendung. Gerakan kebajikan buku The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi itu menyedot perhatian banyak pihak untuk ikut ambil bagian seolah tidak mau ketinggalan. Sekadar menyebut beberapa contoh, seperti Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Danseskoad) Mayjen TNI Kurnia Dewantara menyiapkan akomodasi dan transportasi jamaah saat transit di Jakarta sebelum terbang ke Jeddah, Arab Saudi. Dukungan juga datang dari Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. 

Dirut Duta Anggada Realty Ventje Suardana ikut pula memberikan bantuan dana dalam jumlah cukup besar. Bukan hanya itu, pria asal Surabaya, Jawa Timur, yang sangat rendah hati dan berbakti sekali kepada kedua orangtuanya itu juga aktif menjamu dan menemui para jamaah. Tidak mau ketinggalan, Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo juga merogoh koceknya sendiri untuk menyediakan tiket PP para jamaah dari berbagai daerah di seluruh Indonesia ke dan dari Jakarta serta jadi donatur untuk dua orang yang umroh. Pemilik  Grup Sriwijaya Air Chandra Lie juga memberikan dukungan serupa, tremasuk pengiriman koper dan perlengkapan jamaah ke berbagai daerah.

Dirut yang juga pemilik Grup NRA Tour & Travel Irmawati Mochtar juga memberikan dukungan penuh. Irma memerintahkan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah umroh POS II, III, dan insyaa ALLAH POS IV awal tahun depan. Secara khusus, pengusaha yang sangat rendah hati dan religus itu juga berkenan menerima para jamaah POS II di kamar suite Swissotel Al Maqom di Zamzam Tower, Mekah.

Dan tentu masih banyak lagi pihak yang tidak cukup ruang untuk disebutkan satu per satu di sini.

Saya meyakini suksesnya buku The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi dahsyatnya guliran bola salju gerakan kebajikan yang ditimbulkan kemudian itu buah dari perpaduan dahsyatnya kekuatan silaturahim dan kelapangan hati yang sepenuhnya tulus-ikhlas semua pihak yang terlibat didalamnya. Saya pun teringat Firman ALLAH: kasih sayangilah sesamamu, niscaya ALLAH dan seluruh penghuni langit akan menyayangimu. (*)

Penulis adalah wartawan senior yang mendapat amanah sebagai Ketua rombongan umroh The Power of Silaturahim I, II, dan III.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *