Status Mahasiswa, Profesi Pengusaha

 Status Mahasiswa, Profesi Pengusaha
Oleh: Joko Intarto
Ahmad, mahasiswa UGM (Sumber: MoneySmart)

JAYAKARTA NEWS – Siapa bilang mahasiswa tidak bisa ‘’nyambi’’ jadi pengusaha? Di tengah-tengah kesibukannya sebagai mahasiswa filsafat sekaligus aktivis pesanten, Ahmad Musyaddad berhasil mengelola tiga bisnis kuliner miliknya.

Mahasiswa Universitas Gajah Mada ini sukses menggandeng investor sehingga tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Tiga usaha kulinernya adalah Bakpia Lumer, Makaroni Rawe, dan Bandeng Rawe. Menggunakan konsep yang unik, Ahmad mengemas olahan bandeng ke dalam kemasan kaleng.

Memiliki penghasilan sejak usia muda adalah impian sebagian orang. Nah, Zaidin Zaiti, CEO Pro Fajar Expo (Profex) ingin berbagi pengalaman kepada para mahasiswa yang ingin bisa menghasilkan uang sendiri sambil kuliah. Pilihannya dua: Menjalankan bisnis sendiri atau bekerja pada orang yang sudah punya bisnis.

Bisnis apa yang bisa dijalankan mahasiswa? Pekerjaan apa yang bisa dilakukan mahasiswa? ‘’Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal dengkul. Kisah Ahmad yang mahasiswa UGM itu adalah contoh nyata. Yang belum berani berbisnis bisa bekerja sebagai profesionalnya,’’ kata Zaidin yang malang-melintang dalam bisnis event organizer di dalam dan luar negeri itu.

Jasa event organizer, kata Zaidin, bisa menjadi pilihan jenis bisnis yang menarik untuk mahasiswa. ‘’Jasa event organizer mengandalkan kreativitas. Dan kreativitas itu dunianya mahasiswa. Dengan bantuan mentor dan coach, semua mahasiswa bisa menjadi pengusaha event organizer,’’ jelasnya.

Ditambahkan Zaidin, bisnis event organizer memiliki cakupan yang sangat luas. Banyak kegiatan yang memerlukan sentuhan kreativitas para professional muda. Dari kegiatan yang bersifat hiburan, olah raga hingga yang serius seperti seminar.

Anda mahasiswa dan tertarik belajar bisnis? Sekolah Wira dan Lazismu KL Manggarai, Jakarta Selatan, akan membuka kelas seminar online pada hari Sabtu, 22 Juni 2019, pukul 20:00 – 22:00. Seminar akan menghadirkan Zaidin Zaiti sebagai mentor dan Lambang Saribuana sebagai business coach. Seminar online ini akan dipandu Joko Intarto selaku founder Sekolah Wira.

Cara daftarnya gampang. Bergabunglah dengan komunitas mahasiswa peminat bisnis dengan mengakses link grup whatsapp ini:

https://chat.whatsapp.com/CpoyafYIpthBIGS95FhAXE
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *