Singkirkan PNG, Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia Catat Sejarah Lolos ke World Cup 2023

 Singkirkan PNG, Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia Catat Sejarah Lolos ke World Cup 2023

Tim Criket Indonesia— foto humas

JAYAKARTA NEWS— Tim Nasional (Timnas) Cricket Putri U 19 Indonesia mencatat sejarah pertama kali lolos ke Kejuaraan Dunia Cricket (World Cup) U-19/2023 Afrika Selatan (Afsel). Pencapaian prestasi ini cukup membanggakan karena cabang olahraga asal Inggris ini baru 10 tahun berdiri di Indonesia yakni tahun 2012.

Prestasi ini dicapai Garuda Pertiwi setelah menyingkirkan Papua New Guinea (PNG) melalui pertandingan ketat 2-1 (Indonesja menang 2 laga dari total 3) pada ajang kualifikasi Piala Dunia U-19 dari International Cricket Council (ICC) di lapangan Cricket Udayana-Jimbaran Bali, 3-5 Juli 2022.

Kemenangan ini diluar dugaan. Apalagi, Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia menduduki peringkat ke-22 sementara Timnas Cricket Papua New Guinea menempati peringkat ke-16 dunia.

Di laga pertama Minggu (3/7/2022), Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi dan kawan-kawan berhasil mengilas PNG dengan skor telak 106/9 (Indonesia) dan 68/10 (PNG). Namun, di match kedua hari Selasa (4/7/2022), Timnas Indonesia tidak mampu menghadang dominasi PNG dan takluk dengan skor 69/9 (Indonesia) dan skor 72/6 untuk PNG.

Pada laga final, Selasa (5/7/2022), Timnas Indonesia yang diasuh Nuwan Shiroman berhasil bangkit kembali dan meraih kemenangan melalui sebuah pertunjukan dramatis di detik-detik akhir dengan skor 89/8 untuk Indonesia dan 87/10 (all out) untuk PNG.

“Kemenangan ini luar biasa, sangat mengharukan. Putri-putri Indonesia berjuang dengan segala tenaga dan kemampuan hingga detik-detik akhir. Kita persembahkan kemenangan ini untuk bangsa Indonesia. Ini sejarah pertama kali Timnas Cricket Indonesia tampil di World Cup,” kata Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram S. Yadav.

Jalannya Pertandingan
Di inning pertama tim nasional Indonesia berhasil meraih 89 run dengan kontribusi persembahan oleh captain Wesika Ratna Dewi (35 run), Desi Wulandari (16 run) dan Thersiana Feibrene Catrina Penu Weo (10 run). Jumlah 89 run ini diraih setelah mengalami tekanan tinggi dari para bowler and fielder PNG yang cukup disiplin.

Memasuki inning kedua, Indonesia mengalami tekanan dari para batsman (pemukul) PNG hingga membuat beberapa kesalahan penting. Sekalipun demikian, para kartini muda ini berhasil keluar dari tekanan dengan mebuat PNG all out dengan jumlah run 87 di over terakhir.

Dengan kemenangan mengharukan ini, Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia akan berlaga pada Piala Dunia U-19 Putri di Afrika Selatan pada bulan January 2023.

“Kita akan fokus untuk mempersiapkan timnas Indonesia lebih matang lagi. Dengan kerjasama dan rencana yang matang, kita harapkan Indonesia dapat meraih prestasi di World Cup 2023,” ucap Pelatih asal Sri Lanka, Timnas Nuwan Shiroman.

Di World Cup 2023 Afrika Selatan, Indonesia berada dalam Grup D bersama New Zealand, West Indies, dan Irlandia. Ini juga merupakan kali pertama Indonesia lolos kelompok elit Piala dunia.
“Sekarang kita naik kelas, tugas ke depan bekerja lebih keras lagi untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara,” tutup Abhiram.
Timnas Putri U 19 Indonesia:

  1. Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi (Captain)
  2. Thersiana Feibrene Catrina Penu Weo (Vice Captain)
  3. Yesnny Yolanda Djahilepang
  4. I Gusti Ayu Sandya Febri Pratiwi
  5. Ni Kadek Ariani
  6. Ni Made Suarniasih
  7. Sang Ayu Ketut Puspita Dewi
  8. Ni Kadek Dwi Indriyani
  9. Ni Kadek Devi Murtiari
  10. Lie Qiao
  11. Kadek Ayu Kurniartini
  12. Gusti Ayu Made Ratna Ulansari
  13. Dewa Ayu Sasrikayoni
  14. Desi Wulandari
    Tim Pelatih
  15. Nuwan Shiroman (Pelatih Kepala)
  16. Ni Wayan Sariani
  17. Kadek Fitria Rada Rani
    Tim Pendukung
  18. Abhiram S. Yadav (Ketua Harian PCI)
  19. Albert Tangkudung (Manager Team)
  20. Afie Fiermansyah (General Manager PCI)
  21. Nabila Azalia (Assistant Manager PCI)
  22. Dewa Ayu Setiawati (Assistant Team Manager)***ash

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.