Semua Berlomba Memuliakan Jamaah Umroh POS III

 Semua Berlomba Memuliakan Jamaah Umroh POS III
Nurcholis MA Basyari
Oleh Nurcholis MA Basyari

JAYAKARTA NEWS – Insyaa ALLAH sepekan lagi kita sudah berangkat dari Tana Air ke Tanah Suci. Sudahkah Bapak/Ibu siap lahir batin meluruskan niat ke Tanah Suci semata-mata untuk beribadah memenuhi panggilan ALLAH SWT dan ROSUL-NYA SAW? Mari kita mantapkan hati, bulatkan tekad, dan fokuskan pikiran memperbanyak ibadah kelak setiba di Madinah Al-Munawwaroh dan Makkah Al-Mukarromah.

Ingatlah, jutaan muslim/muslimah di seluruh dunia sangat mendambakan “mencium aroma surga” di Roudhoh saat beribadah Masjid Nabawi dan berziarah ke Makam ROSULULLAH SAW. Jutaan ummat Islam di seluruh penjuru kolong langit ini memendam rindu teramat dalam untuk thowaf dan bersimpuh di pelataran Ka’bah serta menjemput berkah dengan berlari-lari kecil di lintasan Shofa-Marwah.

Segala persiapan yang diperlukan telah kita lakukan. Koper besar dan kecil berikut isinya berupa perlengkapan umroh, pakaian, dan barang kebutuhan pribadi telah kita siapkan. Tinggallah kita menghitung hari. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) PT Nur Rima Al Waali (NRA) telah siap mengantarkan para Jamaah Umroh The Power of Silaturahim (POS) III yang insyaa ALLAH akan beribadah di Tanah Suci pada 4-12 April 2019.

Untuk jamaah yang berangkat dari Jakarta, Mess Perwakilan Seskoad di Jalan Ksatria No. 4 Berlan, Matraman, Jakarta Timur, telah siap menampung untuk persinggahan selama tiga hari dua malam. Pengelola Mess yang dikomandoi Kepala Perwakilan (Kalan) Seskoad Serma Basrin Umasugi telah siap menyambut para jamaah atas perintah dan arahan Komandan Seskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Selain kamar yang fasilitas dan kenyamanannya langsung dipantau Danseskoad itu, tim Serma Basrin menyiapkan jamuan makan 3x sehari plus rehat kopi/teh. Mulai Selasa (2/4/2019) siang, Serma Basrin dan timnya sudah menyiapkan makanan dan minuman untuk para jamaah yang hari itu mulai berdatangan dari berbagai daerah. Kedatangan para jamaah dari daerah itu difasilitasi oleh Direktur Utama (Dirut) Citilink Juliandra Nurtjahjo yang merogoh kantung pribadi untuk menyediakan tiket pergi pulang (PP) daerah-Jakarta-daerah. 

Spanduk/banner dan backdrop pun telah disiapkan khusus guna memeriahkan penyambutan para jamaah POS III. “Kami diperintahkan Komandan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para calon tamu ALLAH yang akan transit di sini (Mess Perwakilan Seskoad) sebelum terbang ke Tanah Suci,” kata Serma Basrin yang sedang dalam proses promosi kenaikan pangkat.

Manasik di Dua Kota

Penggagas sekaligus penyandang dana Gerakan Umroh The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana berharap transit menginap dua malam di Mess Perwakilan Seskoad itu dapat dioptimalkan oleh para jamaah untuk bersilaturahim. Maklum, itulah kali pertamanya para jamaah berkumpul tatap muka. Sejak Januari 2019, para jamaah memang sudah saling mengenal. Namun, itu baru sebatas di dunia maya via grup whatsapp (GWA) yang diinisiasi oleh Kepala Rombongan Umroh POS III Nurcholis MA Basyari.

Mas Aqua rupanya paham “aspirasi” jamaah yang memendam rindu untuk bersilaturahim tatap muka langsung dengan pakar komunikasi sekaligus motivator kenamaan yang menjadi donatur utama gerakan umroh The Power of Silaturahim itu. Karena itu, beliau menyediakan waktu untuk ikut makan malam bersama jamaah di Mess Perwakilan Seskoad pada 2 April 2019. Momen tersebut diharapkan menjadi malam keakraban antarjamaah dari berbagai latar belakang daerah, suku, bahasa, dan profesi.

Keesokan harinya, Rabu (3/4/2019) siang pukul 11.00–15.30 WIB, jamaah POS III pemberangkatan Jakarta dijadwalkan mengikuti kegiatan manasik di Wisma NRA di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Di sana, jamaah berkesempatan bersilaturahim dengan jamaah reguler yang juga akan berangkat umroh khusus Paket Milad ke-19 NRA. Paket Milad NRA ini diikuti oleh jamaah umroh yang berangkat dari Tanah Air menuju Tanah Suci pada periode 3-11 April 2019. Di Wisma itu pula jamaah POS III dapat melihat langsung berbagai fasilitas pendukung operasional NRA yang mengesankan perusahaan PPIU itu bukan kelas ecek-ecek.

Pada hari yang sama, nun jauh di seberang sana, Jamaah Umroh POS III pemberangkatan Makasaar, Sulawesi Selatan, juga mengikuti kegiatan manasik. Tempatnya di Hotel Claro. Acara dimulai pukul 09.00 Wita. Empat jamaah POS III sepertinya makin tidak sabar untuk segera ikut manasik dan berangkat ke Tanah Suci. Mereka ialah Muhammad Evendi dan istrinya, Prapti Riyanto; Rocky PP Melo, dan Andi Muhammad Hartawan.

“Bus Seskoad sudah kami siapkan untuk mengantarkan Jamaah Umroh POS III mengikuti kegiatan manasik di Wisma NRA,” kata Mayor (Inf) Mujiono, Wakil Komandan Detasmen Markas (Wadandenma) Seskoad, yang juga anggota Jamaah Umroh POS III.

Perjalanan dari Mess ke Wisma NRA direncanakan menempuh rute-rute yang memungkinkan jamaah yang berasal dari luar Jakarta dapat melihat-lihat kemegahan dan kemajuan fisik Ibu Kota yang kini dipimpin Gubernur Anies Rasyid Baswedan itu. Selain gedung-gedung pencakar langit, jamaah dapat menyaksikan lintasan jalan layang tol maupun non-tol serta geliat proyek infrastruktur yang tengah digenjot untuk menjadikan Jakarta sebagai Ibu Kota kelas dunia. 

Sementara itu, malam harinya, di Mess Perwakilan Seskoad diadakan Malam Silaturahim Jamaah Umroh The Power of Silaturahim. Acara ini akan dihadiri Aqua Dwipayana dan keluarga serta para sahabatnya, termasuk Danseskoad,  Dirut Duta Anggada Realty Ventje Suardana, Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo, Dirut Pegadaian Kuswiyoto, dan pemimpin NRA.

Kamis (4/4/2019) pagi, baik jamaah POS III pemberangkatan Jakarta maupun Makassar bertolak, masing-masing ke Soekarno-Hatta Cengkareng dan Sultan Hasanuddin, Maros. Dari dua bandara tersebut, Jamaah POS III bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, naik pesawat Garuda Indonesia. Tiba di Bandara King Abdul Aziz sore/petang, jamaah melanjutkan perjalanan darat ke Madinah menggunakan bus eksekutif.

Dari situlah puncak rangkaian perjalanan spiritual umroh dimulai. Untuk kenyamanan dan kelancaran ibadah jamaah POS III, NRA telah menyiapkan hotel bintang empat Rawda Al Aqeeq Madinah yang lokasinya segaris dengan Raudhoh, kepingan taman surga di dalam Masjid Nabawi. Adapun di Mekah, jamaah mendapatkan fasilitas menginap di hotel bintang lima Swissotel Al-Maqam yang lantainya dasarnya berbatasan dengan pelataran Ka’bah.

Dengan sambutan dan fasilitas seperti itu, maka ni’mat TUHAN manakah yang kau dustakan?

Labbaikallohumma labaik, labbaika laasyariikalaka labbaik, innalhamda wani’matalaka walmulk, laasyariikalak…

Penulis adalah Wartawan senior serta Ketua rombongan jamaah umroh POS I, II, dan III.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *