Rombongan ‘Luna Maya’ Ambon Tempuh Perjalanan 5 Hari Demi Tampil di FORNAS

 Rombongan ‘Luna Maya’ Ambon Tempuh Perjalanan 5 Hari Demi Tampil di FORNAS

Rombongan ‘Luna Maya’ dari Ambon/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS – Ada yang menarik di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI/2022 Palembang. Rombongan Luna Maya (Lanjut Usia Namun Masih Bergaya) berjumlah 30 orang dari Ambon, Maluku rela menempuh perjalanan selama 5 hari hanya untuk sampai di Kota Mpek-mpek itu.

Mereka naik kapal laut dari Ambon tanggal 26 Juni dan sampai di Jakarta, 30 Juni 2022. Kemudian, mereka menginap sehari di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten sebelum melanjutkan perjalanan ke Palembang dengan pesawat.

“Kami menempuh perjalanan selama lima hari untuk sampai ke Palembang. Dan, kami senang bisa mewakili Ambon yang pertama kali tampil di FORNAS pada Lomba Senam Kebugaran Lansia dan Pralansia Indonesia (KLPI),” kata pimpinan rombongan Luna Maya dari Ambon, Ongki Surnia yang ditemui di Transmart Palembang yang menjadi lokasi lomba senam KLPI, Senin (4/7/2022).

“Ya, saya menikmati perjalanan di atas kapal laut meski sempat mabuk laut. Tetapi, saya senang bisa bersaing dengan daerah lain dalam lomba senam KLPI,” timpal Yati Nasir Remaur, istri anggota Brimob Polda Ambon yang berusia 45 tahun itu.

Lantas mereka berangkat ke Palembang dengan biaya dari mana?

“Kami berangkat dengan biaya patungan, dana sponsor serta bantuan dari bu Ayu Hasanusi yang juga Anggota DPRD Ambon,” jawab Ongki Surnia.

Teriakan Luna Maya yang menjadi yel-yel atau slogan penyemangat dari para lansia yang tergabung dalam Induk Organisasi Olahraga (INORGA) KLPI itu menggema di Transmart Palembang ketika Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta secara resmi membuka lomba Senam KLPI.

“Saya bangga melihat peserta Senam KLPI yang begitu semangat, sehat dan bugar meski sudah memasuki usia lansia dan pralansia. Ini harus menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia. Sehat itu baik tapi akan lebih baik jika sehat dan bugar seperti peserta senam KLPI. Mereka semua sehat dan bugar karena rajin berolahraga,” kata Raden Isnanta yang juga sibuk meladeni foto bareng peserta.

Raden Isnanta berharap seluruh peserta lomba senam KLPI mengajak seluruh generasi muda yang ada di daerahnya agar rajin berolahraga. “Sehat itu Murah dengan rajin berolahraga,” tandasnya.

Ketua KLPI, Nenden Muchtar mengatakan, lomba senam KLPI diikuti sekitar 100 peserta yang berasal dari 10 Provinsi. “Mereka boleh saja memasuki usia lansia dan pralansia. Tapi, soal semangat dan kesehatan serta kebugaran jangan ditanya. Lihat sendiri. Itu semua mereka dapatkan karena rajin berolahraga,” tegasnya.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.