Presiden Resmikan Tol Paspro, Pasuruan – Probolinggo 30 Menit

 Presiden Resmikan Tol Paspro, Pasuruan – Probolinggo 30 Menit

JAYAKARTA NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Pospro). Dengan adanya tol tersebut, kini waktu tempuh Pasuruan – Probolinggo hanya 30 menit.

Peresmian ruas tol sepanjang 31,3 Km yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk itu, dilakukan hari Rabu (10/4/2019) ini dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Jawa Timur.

Keberadaan jalan tol tersebut diharapkan dapat meningkatkan mobilitas orang atau barang.

“Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang sampai Probolinggo sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa di Merak ke Probolinggo, itu tembusnya 962 kilometer,” kata Presiden.

“Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendles sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU,” kata Jokowi menambahkan.

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno mengungkapkan, layanan tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari yang semula 2,5 jam menjadi 30 menit. Menghemat waktu 2 jam.

“Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam,” kata Menteri Rini.

Waskita memperoleh proyek jalan tol ini pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun. Jalan tol ini memiliki 3 Gerbang Tol (GT) yakni, GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Tahun lalu rua s tol ini telah dibuka secara fungsional untuk melayani masyakakat yang mudik libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Waskita telah memulai pengerjaan proyek jalan tol ini sejak Mei 2016 dan selesai pada Desember 2018.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *