Pameran Seni Rupa Klangenan Sehati ‘73

 Pameran Seni Rupa Klangenan Sehati ‘73

JAYAKARTA NEWS – Kebersamaan saat kuliah, dimanifestasikan dalam bentuk Pameran Seni Rupa Bersama “Sehati ‘73”. Bisa dipahami, mengingat para peserta pameran adalah komunitas lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (STSRI) “ASRI” Yogyakarta, tahun 1973.

Tema pameran pun paralel dengan situasi psikologis yang mereka alami, yakni “Klangenan”. Pameran digelar di Balai Budaya Jl. Gereja Theresia no,17 Jakarta Pusat, dan dibuka pada tanggal 29 Juli 2022 – Pukul 19,00 WIB, dan berakhir 6 Agustus 2022. Hadir para undangan, pemerhati, pecinta (kolektor) karya seni, tokoh seni dan budaya, dan para seniman.

Poppy Dharsono

Acara pembukaan diisi performance kolaborasi dari Dahayu Nusantara dilanjutkan sambutan wakil sehati73 Bambang Gro dan sambutan dari perupa Dik Doank. Sedangkan, acara pembukaan oleh Poppy Dharsono dan penyerahan lukisan tanda terima kasih dari Bowo Subekti kepada Poppy Dharsono, Sugiarto kepada Dik Doank dan Bambang Gro kepada Dahayu Nusantara, dilanjutkan sesi foto bersama.

Sekilas Sehati’73

Kebersamaan saat duduk di bangku kuliah Jurusan Seni Lukis di Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia “ASRI” Yogyakarta tahun 1973, membuat mereka berkumpul kembali dalam jeda waktu 49 tahun. Menjelang akhir dekade 1970 mereka berpisah dan masing masing mempunyai kegiatan dan profesi yang berbeda namun masih dalam koridor “seni”.

Berkarya bersama adalah sebuah kerinduan. Akhirnya pada tahun 2015 mereka dipertemukan dan sepakat untuk mempererat persahabatan dengan kegiatan bersama khususnya seni lukis, dalam satu wadah yaitu pameran “ Klangenan”.

Panitia mengajak para alumni seangkatan 1973 dari jurusan seni Kriya dan Ilustrasi untuk turut berpartisipasi. Panitia pun berharap, pameran itu dapat berkesinambungan ke pameran-pameran berrikutnya dengan mengajak teman-teman alumni yang lain.

Aktivitas itu juga didedikasikan bagi upaya teman-teman seniman seangkatan yang memerlukan dukungan. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.