Nilawaty Law Juara Binaraga dan Fitness Asia 2022

 Nilawaty Law Juara Binaraga dan Fitness Asia 2022

Nilawaty Law peraih medali emas Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia 2022, dan, Edo Apcowo, peraih perunggu/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Prestas Tim Nasional (Timnas) Binaraga Indonesia yang diperkuat 6 atlet patut di Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia 2022 mendapat acungan jempol. Tampil di Pantai Marina Jety Maldives, Rabu (20/7/2022), pasukan Merah Putih berhasil merebut 1 medali emas dan 1 medali perunggu. 

Medali emas disumbangkan Nilawaty Law yang turun di Women’s Physique Model. Wanita kelahiran Kisaran, Sumatera Utara, 18 September 1977 ini menjadi yang terbaik dari 24 peserta. Medali perak direbut atlet Mongolia, Zaijid Nyamzul dan perunggu dari atlet Vietnam, Davaasambu Badamkhand.

“Saya sebagai seorang wanita Indonesia sangat bangga bisa ikut berpartisipasi dalam Kejuaraan bergengsi ini dan bisa membawa pulang medali emas untuk Indonesia di kategori Senior Woman’s Model Physique,” kata Nilawaty Law. 

Bagi Nyla Liu, panggilan nama panggungnya, medali emas tersebut semakin memicu semangatnya untuk berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang. Apalagi, dia berangkat dengan biaya sendiri. 

“Berkibarnya Sang Merah Putih dan berkumandangnya Indonesia Raya di Maldives ini semakin memicu semangat saya sebagai puteri Indonesia untuk bisa berprestasi. Lebih lagi di masa yang akan datang walaupun berangkat dengan biaya pribadi. Tapi saya tetap optimis ke depan nanti cabor Binaraga Fitness ini bisa menjadi cabor yang turut membanggakan Indonesia dan mendapat perhatian yang lebih baik,” kata pemegang peringkat kelima ICN (I Compete Natural) Worldwide Sport Model Melbourne 2019. 

Sayangnya kesuksesan Nilawaty tidak berhasil diikuti atlet binaraga putra Indonesia, Edo Apcowo yang turun di kelas 70kg. Peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 ini harus puas meraih medali perunggu. Medali emas direbut atlet binaraga India, T Ramakrishna dan perak jatuh ke tangan atlet Myanmar, Ye Tun Naung. 

Dengan hasil ini, Nilawaty dan Edo yang merupakan atlet asal Papua tercatat sebagai atlet berprestasi pertama yang diberangkatkan Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI).

“Nilawaty dan Edo Apcowo tercatat dalam sejarah sebagai atlet fitness putri dan atlet binaraga pertama yang dikirim PBFI meraih sukses menyumbangkan medali emas dan perunggu di Kejuaraan Binaraga Asia 2022. Dan, PP PBFI bersyukur bisa mempersembahkan 1 medali emas dan 1 perunggu bagi masyarakat Indonesia,” kata Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi yang langsung memimpin Tim Binaraga Indonesia. 

Apa yang dicapai Nilawaty dan Edo peraih medali emas kelas 70kg di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua itu, kata Irwan Alwi, sebagai pengobat kekecewaan cabang olahraga binaraga yang tidak diberangkatkan memperkuat Kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam. 

“Prestasi yang dicatat Nilawaty dan Edo itu sebagai bukti bahwa atlet fiitness dan binaraga Indonesia mampu bersaing di ajang Asia. Ke depan, PP PBFI akan terus meningkatkan prestasi atletnya sehingga bisa membawa harum nama bangsa dan negara,” tegas Irwan Alwi. (azh)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.