Connect with us

Manca Negara

Masakan Padang Jadi Favorit di Festival Asian Eats, Filipina

Published

on

​JAYAKARTA NEWS – Salah satu cara terbaik untuk memahami suatu negara dan nuansa budayanya adalah melalui makanannya. Untuk itu, KBRI Manila telah menyelenggarakan kegiatan promosi kuliner dan budaya Indonesia dalam Festival “Asian Eats” pada 28-30 April 2023 bertempat di Shangri-La Plaza, Mandaluyong City. Dikutip dari Rilis Kemlu, Rabu (3/5/2023).

Dalam ajang promosi ini, KBRI Manila bekerja sama dengan Asia Society Philippine dan 2 (dua) restoran Indonesia di Manila yaitu Restoran Bakmi Nyonya dan Rumah Makan Padang Huang Jia. Kegiatan festival diikuti oleh berbagai negara antara lain Australia, Filipina, India, Indonesia, Japan, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam serta beberapa franchise restoran dan café ternama di Filipina.

Festival “Asian Eats” merupakan platform unik yang menggabungkan kuliner dengan budaya yang menyasar utamanya para penggemar makanan dan minuman untuk berpetualang merasakan segudang rasa, budaya, dan tradisi makanan yang menarik di Asia. Festival juga diselenggarakan untuk mengenalkan masakan, seni dan budaya Asia kepada khalayak umum Filipina.

Beberapa makanan Indonesia yang dipromosikan KBRI Manila pada Festival Asian Eats antara lain bakmi goreng, nasi goreng, sate ayam, siomay dan jajanan tradisional seperti kue ku, kue talam, jongkong, risoles, dadar gulung serta berbagai macam sambal dan kerupuk khas Indonesia serta menu komplit masakan padang otentik.

Pada panggung utama Festival Asian Eats, KBRI Manila menampilkan antara lain Cooking demo masakan “Beef Rendang” yang dipandu oleh Chef Bowo, Live Music dari Band KBRI Manila “Indokustik” yang merupakan juara pertama Embassy’s Got Talent 2023, sebuah ajang unjuk bakat yang diikuti kalangan diplomatik/perwakilan asing di Manila. Indokustik menampilkan berbagai lagu daerah, lagu barat dan lagu dangdut Indonesia. Mini Fashion Show dan Tarian Nusantara yang dibawakan oleh anggota DWP KBRI Manila. Penampilan fashion show dengan berbagai pakaian adat yang berwarna warna warni menarik perhatian pengunjung.

Kehadiran booth Indonesia pada Festival “Asian Eats” mendapatkan apresiasi, respon positif dan pujian dari komunitas foodies dan masyarakat umum di Filipina. Selama tiga hari kegiatan berlangsung, booth Indonesia selalu dipenuhi oleh para pengunjung dan khususnya pecinta makanan Indonesia baik dari warga lokal, ekspatriat dan diaspora Indonesia. Para pengunjung terpesona dengan penyajian masakan padang yang sangat beraneka dan takjub dengan penggunaan bumbu cabe pada beberapa hidangan yang sangat menggugah selera. Begitu pula dengan display beraneka macam kerupuk dan sambal dalam kemasan botol kaca.

Banyak pengunjung diketahui kembali lagi pada hari berikutnya untuk melihat penampilan budaya yang disuguhkan Indonesia dan menikmati makanan Indonesia di tempat beserta keluarga pada hari libur (sabtu dan minggu). Kegiatan Promosi Budaya dan Kuliner dalam Festival Asian Eats telah membantu upaya KBRI Manila dalam mengangkat citra Indonesia pada tingkat yang lebih tinggi dan promosi kuliner khususnya dalam memberi dukungan promosi bagi restoran Indonesia di Filipina yang dimiliki para diapora Indonesia.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *