Lelang Topeng Tiga Negara

 Lelang Topeng Tiga Negara

Tiga topeng dari tiga negara: Indonesia, Jepang, dan Perancis. (ist)

Jayakarta News – Ajang IMF (International Mask Festival) 2020 makin meriah dengan digelarnya ajang lelang topeng dari penopeng (pembuat topeng) tiga negara: Indonesia, Jepang, dan Perancis. Lelang topeng akan dilangsungkan selama dua hari, 19 dan 20 Juni 2020, mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB.

Peminat lelang, atau yang sekadar ingin memantau proses jalannya lelang lelang topeng tiga negara, bisa stay tune di YouTube channel SIPA FESTIVAL. Tiga penopeng yang karyanya dilelang adalah Narimo (Indonesia), Hideta Kitazawa (Jepang), dan Alaric Chagnard (Perancis).

Topeng klana, gunungsari, sekartaji, bancak dan doyok. (ist)
Narimo

Harga pembukaan bervariasi. Enam topeng karya maestro topeng panji dari Solo, Narimo, dibuka mulai dengan harga Rp 350.000 untuk topeng Doyok dan topeng Bancak. Topeng sekartaji dilelang mulai dengan harga Rp 400.000. Topeng gunungsari dilelang mulai dengan harga pembuka Rp 450.000. Serta dua topeng klana masing-masing dibuka mulai dari harga Rp 500.000 dan Rp 750.000.

Narimo dikenal sebagai penopeng panji yang kesohor. Panji adalah cerita asli Indonesia. Pematung kelahiran tahun 1965 ini, hidup dan besar dalam keluarga seniman perupa wayang kulit purwa. Ia memiliki bakal alami menatah wayang. Narimo mengembangkan bakatnya membuat topeng sejak menduplikasi Topeng Panji, koleksi Pusat Kesenian Jawa Tengah tahun 1980-an.

Narimo sempat mendampingi Presiden Joko Widodo yang tahun 2007 lalu menjabat sebagai Walikota Solo di World Mask Festival, Andong, Korea Selatan. Karya Narimo makin dikenal dan diminati bukan hanya para penari topeng dan seniman topeng, tetapi kolektor topeng pun menggemari karyanya.

Oto Kyogen, Okina Noh, dan Koomote Noh. (ist)
Hideta Kitazawa

Sedangkan penopeng Jepang, Hideta Kitazawa melelang tiga karyanya. Topeng Oto Kyogen dillenag dengan harga bukaan 2.000 dolar AS. Berapa pun harga “deal” sudah termasuk tas topeng yang terbuat dari Kimono sutra dan kota topeng yang terbuat dari kayu. Topeng kedua adalah Okina Noh yang dibuka mulai dari harga 3.000 dolar AS. Adapun topeng ketiga yang dilelang adalah Koomote Noh yang dimulai dari harga 3.500 dolar AS.

Penopeng Jepang Hideta Kitazawa ini dikenal sebagai penopeng yang mampu menghidupkan beragam emosi potongan kayu. Ia dikenal sebagai penopeng yang memiliki lisensi. Ia juga merupakan generasi kedua seniman pengukir kayu yang lahir di Tokyo tahun 1968. Noh sebagai akar karya cipta topengnya, adalah teater Jepang klasik yang berusia lebih dari 600 tahun.

Kitazawa lulusan Kajian Hutan, Jurusan Pertanian dan Teknologi, Universitas Tokyo tahun 1991. Dia telah membuat topeng Noh klasik dan kontemporer selama hampir 30 tahun. Kitazawa menerima banyak penghargaan, diantaranya ‘Outstanding Young Artisan Award’ for Tokyo tahun 1997 dan The Yokohama Noh Theater Director’s Prize tahun 2003.

Ubu, The Wild Man, dan The Witch, Baba Yaga. (ist)
Alaric Chagnard

Sementara itu, penopenng Perancis Alaric Chagnard juga melelang tiga karya topeng andalannya. Yang pertama adan kedua dalah topeng The Witch, Baba Yaga dan topeng The Wild Men. Keduanya dibuka mulai harga 850 dolar AS. Sedangkan, topeng ketiga adalah Ubu yang dibanderol pertama seharga 950 dolar AS.

Alaric Chagnard, adalah penopeng yang dalam proses berkarya telah melakukan banyak penelitian perbedaan wajah objek sejak tahun 1999. Alaric mulai mempelajari seni membuat topeng sejak dia bertemu dengan Etienne Champion, pembuat topeng kayu dari Perancis di tahun 2007.

Alaric yang lahir tahun 1973 di Avignon telah menyelenggarakan beragam workshop pembuatan topeng untuk teater, sekolah seni drama,maupun institusi berbeda. Karyanya telah digunakan lebih dari 15 perusahaan teater untuk drama klasik dan modern.

Alaric adalah anggota dewan komisaris Asosiasi Pembuat Topeng yang didirikan tahun 2007. Alaric berpartisipasi pada beragam konferensi dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan topeng, termasuk International Mask Arts and Culture Organization – UNESCO.

Berminat? Catat tanggalnya, tanggal 19 dan 20 Juni 2020, mulai pukul 17.00 sampai pukul 21.00 WIB. (rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *