Kolaborasi Suami Istri Ini Menghasilkan Pendapatan Lebih

 Kolaborasi Suami Istri Ini Menghasilkan Pendapatan Lebih

Ny Alvi Yusuf, mengolah bandeng sehingga berpendapatan lebih besar. (foto: poedji)

Jayakarta News – Keahlian memasak ternyata bisa memberikan nilai tambah bagi pasangan suami istri yang ingin maju dalam berbisnis. Seperti yang dialami Ny.Alvi Yusuf asal Kalang Anyar, Kabupaten Sidoarjo ini.

Berkat keahliannya memasak khususnya ikan bandeng ia bisa menambah pendapatan keluarga. “Suami saya adalah petani tambak khususnya bandeng dan saat panen hasilnya ya segitu tidak bisa lebih,” katanya saat diwawancara Jayakarta News usai mengikuti acara “Jatim Fish and Marine Exhibition” di Parkir timur plaza surabaya Jumat(15/10).

Bersama ibu-ibu yang lain dia bertukar pikiran bagaimana mengolah hasil tambak yang dikerjakan para suami sehingga mempunyai nilai lebih.

Akhirnya dari diskusi tersebut memutuskan kalau bandeng-bandeng yang dipanen itu tidak dijual mentahan tetapi diolah untuk dijadikan bandeng yang diinginkan masyarakat.

Jadilah bandeng-bandeng panenan sebagian diolah dan sebagian dijual secara mentahan. “Kami memasak bandeng-bandeng itu untuk dijadikan bermacam-macam seperti bandeng presto, bandeng tanpa duri, bandeng asap, abon bandeng dan lain-lain,” tuturnya.

Untuk mengolah secara benar ibu-ibu di Kalang Anyar yang memang daerahnya berupa tambak, ikut pelatihan di Dinas Perikanan dan Politeknik. Berkat ilmu yang mereka timba maka para ibu sekarang ini sudah mahir meracik bandeng yang kalau dijual harganya lebih tinggi dibanding bandeng mentahan.

Secara terbuka Alvi mengatakan, kalau penghasilannya untuk sebulan bisa mencapai Rp 15 juta. Ia sendiri berjualan di rumah dan melayani pembeli di sekitar Surabaya dan Sidoarjo.

Pihaknya tidak berani melayani penjualan ke daerah-daerah apalagi yang jaraknya jauh karena ikan bandeng tidak bisa tahan lama.

Untuk setiap harinya Alvi dibantu oleh lima orang pembantu. Tugas mereka membersihkan ikan dan mengepak untuk pengiriman. Sedangkan untuk membuat bumbu dan menggoreng semua ditangani Alvi.

Saat ditanya kalau dulu pendapatannya berapa setiap bulan ia enggan berterung terang. “Yang jelas sekarang lebih besar,” katanya bangga.

Dalam acara Jatim Fish and Marine Exhibition yang dibuka Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa itu Alvi diminta untuk menyiapkan 6000 bandeng presto yang akan dibagi-bagikan kepada para tamu yang datang. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *