Ketum PP Perbasi: Fokus Kita Piala Dunia

 Ketum PP Perbasi: Fokus Kita Piala Dunia

Marques/foto: PP Perbasi

JAYAKARTA NEWS— Sebagai pemain naturalisasi dan main di NBA G-League, Marques Bolden akan menjadi andalan Tim Nasional (Timnas) Bolabasket Indonesia di berbagai ajang ke depan. Mulai dari SEA Games XXXI, FIBA Asia Cup 2022, hingga FIBA World Cup 2023. Keputusan ini diambil setelah Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memastikan tidak tergiur memakai regulasi slot pemain naturalisasi pada SEA Games di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022.

“Kita tidak boleh berpikir SEA Games tidak penting tapi kita harus jelas, fokus kita ke Piala Dunia. Jadi kita harus fokus pada tim yang dipersiapkan untuk kejuaraan dunia. Kalau kita hanya juara (di SEA Games), akhirnya kita terpaksa pakai pemain asing 10 dan mungkin kita bisa bawa medali emas ke Indonesia tapi di FIBA World Cup kita diacak-acak orang. Saya kira itu poinnya,” jelas Ketum PP Perbasi Danny Kosasih.

Regulasi di SEA Games memang berbeda dengan FIBA Asia Cup maupun FIBA World Cup. Di multievent antarnegara ASEAN tersebut, penyelenggara membebaskan setiap peserta di cabang olahraga bolabasket memakai pemain naturalisasi. Tidak ada batasan. Sementara di kejuaraan kalender FIBA, hanya boleh memakai satu pemain naturalisasi dalam tim.

Untuk pemain naturalisasi, timnas memiliki Lester Prosper selain Marques. Kedua pemain memiliki posisi sama, center. Kemudian ada juga Jamarr Andre Johnson yang posisi power forward yang kini menjadi bagian dari Timnas Bolabasket 3×3. Manager Timnas Bolabasket 5×5 Putra Jeremy Imanuel Santoso menyebut, Bolden dipilih untuk memenuhi kebutuhan tim.

Marques Bolden sendiri sejak datang ke Indonesia pada 11 April sudah mulai melahap menu latihan dari Coach Milos Pejic. Dia butuh istirahat terlebih dahulu untuk menyesuaikan situasi karena masih merasa jetlag.

Di lapangan, Marques mengasah akurasi tembakan. Kemudian kelincahan dalam dribbling bola yang diikuti dengan gerakan tertentu selanjutnya diakhiri dengan tembakan di bawah ring. Untuk meningkatkan individual skill ini, Marques mendapat arahan dari pelatih Strength & Conditioning Brandon Walker yang didatangkan khusus dari Impact Basketball, Amerika Serikat.

“Untungnya Marques ini kan dari Texas. Sudah terbiasa dengan cuaca yang lumayan panas. Jadi secara badannya ya sudah normal juga dan nggak perlu lama untuk adjust,” ungkap Jeremy.

Lanjut Jeremy, dalam persiapan menuju SEA Games akan terus melakukan pengerucutan pemain. Dari komposisi 23 nama saat ini, kemudian akan dikurangi menjadi 16 pemain. Selanjutnya mereka akan dipantau terus perkembangannya dalam sparring partner dengan tim yang diisi pemain impor dari IBL. Uji coba ini akan dimulai pada 22 April mendatang.

“Ada enam pertandingan melawan  Import IBL kemudian ditentukan 12 pemain untuk SEA Games,” jelas Jeremy.***/din

JADWAL UJI COBA TIMNAS v IMPORT IBL

22 April 2022 Pukul 15:00 WIB

26 April 2022 Pukul 15:00 WIB

28 April 2012 Pukul 15:00 WIB

29 April 2022 Pukul 15:00 WIB

05 Mei 2022 Pukul 15:00 WIB

06 Mei 2012 Pukul 15:00 WIB

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.