Kadin: Dampak Positif AG Bagi Produk Dalam Negeri

 Kadin: Dampak Positif AG Bagi Produk Dalam Negeri

PENTAS olahraga Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi Indonesia.

Menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani, bahwa salah satu dampak positif dari kegiatan ini yakni dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

“Dampak dari Asian Games luar biasa, di mana banyak melibatkan dunia usaha. Semua pihak terlibat, mau dari makanan dan minuman, hotel, transportasi, dan jasa. Dan ini (Asian Games) diharapkan bisa menjadi momentum dalam mendorong daya beli dan konsumsi,” kata Rosan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Khusus konsumsi, Rosan mengungkapkan bahwa konsumsi rumah tangga masih menjadi sumber pertumbuhan utama ekonomi Indonesia. “Seperti kita ketahui, sekitar 53%-54% pertumbuhan Indonesia tergantung konsumsi rumah tangga. Jadi, dengan Asian Games praktis akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga,” ujar Rosan.

Rosan mengatakan walaupun Asian Games hanya dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi denyutnya terasa di seluruh indonesia. “Banyak merchandise datangnya dari seluruh UKM di daerah yang merupakan produk-produk andalan Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengestimasi total dampak langsung penyelenggaraan Asian Games 2018 terhadap ekonomi di Indonesia mencapai Rp45 triliun.

“Kami prediksikan bahwa total dampak langsung penyelenggaraan Asian Games 2018, baik dari sisi pengeluaran pengunjung, biaya konstruksi, dan biaya operasional, terhitung sejak 2015 hingga 2018 mencapai Rp45 triliun,” kata Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, tahap persiapan dan pelaksanaan Asian Games 2018 memberikan dampak perekonomian Indonesia di antaranya meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, rnenciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *