Jalanan Ramai Jelang Lebaran

 Jalanan Ramai Jelang Lebaran

Masyarakat membeli takjil di pinggir jalan di daerah pertigaan Kali Caglak. (ist)

Jayakarta News – Sekitar satu pekan terakhir situasi dan keadaan di jalanan sudah tampak ramai oleh para pengendara. Padahal dua bulan sebelumnya, sepi. Sesuai imbauan pemerintah, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, masyarakat melakukan social dan physical distancing. Ditambah lagi pemerintah DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun sepekan ini terlihat aturan itu diabaikan oleh sebagian masyarakat. Beberapa titik atau ruas jalan sudah mulai ramai pengendara kendaraan bermotor, begitu juga pasar-pasar (tempat bertemunya antara pembeli dan si penjual).

Adapun beberapa titik dan ruas jalan yang terpantau tampak ramai di sekitar wilayah Cibubur, Jakarta Timur. Perempatan Lampu Merah Cibubur, Pasar Cibubur, Jalan Lapangan Tembak, persimpangan Jalan Abdurahman, Bulak Sereh. Kondisi yang sama tampak di Pertigaan Tikungan Kali Caglak dan Simpang lampu merah Arungdina.

Tampak sore itu, Minggu (17/5) kendaraan merayap di Jalan Lapangan Tembak Pertigaan Kali Cagklak seberang Kantor Kelurahan Cibubur. Kiri dan kanan jalan tampak beberapa pedagang, aneka es, masker, dan lainnya. Kepadatan lalu lintas, ditambah pengendara yang berhenti dan memarkir kendaraan di pinggir jalan, makin memacetkan keadaan.

Tak ayal, kerumuman manusia terjadi di sejumlah titik. Di sela kondisi itu, kelihatan seseorang sedang mendorong gerobak kecil lalu terdengar suara musik. Lalu di depannya ada orang yang menggunakan kostum ondel-ondel dan  dua temannya mendekati pembeli takjil yang berhenti dengan menyodorkan kaleng yang dibawa untuk mengumpulkan uang.

Tak jauh di depannya terlihat lagi orang tanpa baju, berjalan dengan kaki ayam. Tampak tubuhnya semua dilumuri cat warna silver, dan juga menghibur dengan penampilannya. Ia pun mengharapkan belas kasih orang, dengan menyodorkan kaleng tempat uang. Singkat kata, kepadatan lalu lintas, disertai kerumuman orang, plus makin crowded dengan hadirnya para pengamen.

Sementara di Pasar Cibubur yang tadinya sepi juga ramai pengunjung. “Iya ramai dan macet banget tadi,” ujar seorang wanita. Lalu di simpang lampu merah Arung Dina situasi jalanan tak kalah ramai, begitu juga di lampu merah.

Beginilah sejengkal wajah pinggiran Ibukota, menjelang Raya Idul Fitri. (Monang Sitohang)

Situasi dan kondisi jalanan di Jalan Lapangan Tembak, Cibubur. Jakarta Timur persis di pertigaan Kali Caglak. (Foto: Monang Sitohang)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *