Ignis, Genre Terbaru Suzuki di Kelas SUV

 Ignis, Genre Terbaru Suzuki di Kelas SUV

PERSAINGAN mobil di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) untuk konsumen Indonesia semakin ketat, menyusul meluncurnya SUzuki Ignis yang menjadi genre terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Model baru yang bersaing dengan Honda Brio, Toyota Etioz, Mitsubishi Mirage, dan Nissan March ini dilepas dengan harga mulai Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT, Rp 159,5 juta tipe GX MT dan Rp 169,5 untuk GX AGS.

4W Managing Director SIS Shinichiro Sugiyama mengatakan, Ignis memiliki desain yang kompak dan sporty. “Kami berharap Ignis dapat menciptakan pasar baru di Indonesia,” kata Sugiyama dalam konferensi pers di Ritz-Charlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/4).

Menurut Sugiyama, Suzuki Ignis dikembangkan sebagai ‘Urban SUV’, dengan berbagai kekompakan di dalamnya menunjukkan kemudahan dan kenyamanan interior yang dikemas melalui eksterior stylish.

Model ini memiliki dimensi sepanjang 3.700 mm, cukup mungil namun menjanjikan ruang kabin yang lapang. Sebagai kendaraan SUV, Ignis dibekali ban profil 175/65 R15.

Ignis mengusung struktur body Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkan Ignis tetap handal digunakan di jalanan offroad.

Untuk menunjang mobilitas dan gaya hidup di perkotaan, Ignis menggunakan material bodi yang ringan. Bahkan memperhitungkan desain aerodinamika memungkinkan untuk memberikan efesiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan. Tak hanya itu Ignis juga memiliki air intake setinggi 700 mm membuat Ignis tetap bisa menerobos genangan air ketika musim hujan.

Ignis dibekali mesin K12M berkapasitas 1.200 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 83ps pada 6.000rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Suzuki mengklaim mesin ini memiliki performa yang baik dan efisien dalam hal bahan bakar. Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Ignis mencapai 23,64 km/liter transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS. “Kami berharap model ini mampu memberikan warna baru di dunia otomotif Indonesia,” ungkap Setiawan Surya selaku 4W Deputy Managing Director PT SIS. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *