Hotel Sotis Kemang, Bikin Anda Terkenang-kenang

 Hotel Sotis Kemang, Bikin Anda Terkenang-kenang

Hotel Sotis Kemang di Jalan Kemang Raya No. 4, Kemang, Jakarta Selatan pada malam hari. (Foto: Monang Sitohang)

Jayakarta News – Sotis merupakan kain tenun asal Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT). Kain tenun Sotis ini dibuat dari kapas lalu dipintal dengan penuh ketelatenan, sampai menjadi kain sotis yang bagus nan indah. Dari situlah asal nama Hotel Sotis Kemang, Jakarta Selatan. Hotel baru berbintang empat yang bercokol di Jalan Kemang Raya No. 4, Kemang, Jakarta Selatan.

Proses terbentuknya sotis menjadi inspirasi nama hotel yang satu ini. Jika dilihat awal proses dibangunnya hotel tersebut sampai selesai, kemudian bagaimana merawat bangunan dan menjalankan operasional hotel tersebut, bisa dijadikan dasar motivasi dalam mengembangkannya. Filosofinya adalah “proses tidak pernah mengingkari hasil”.

Sotis pun hadir melengkapi sejumlah hotel yang sudah ada di kawasan ini, seperti Grand Kemang. “Jadi kita harus ulet, telaten, serta bersungguh-sungguh dalam mengembangkan Hotel Sotis Kemang ini. Selain itu juga butuh kesabaran yang tinggi hingga sampai menjadi bagus, manis hasilnya dan valuable,” ujar General Manager Sotis Kemang, Vida Frans kepada Jayakarta News.

Hotel Sotis Kemang baru berjalan sekitar empat bulan terhitung mulai grand opening pada 26 November 2019. Hotel ini tepat berada di Jalan Kemang Raya, selain menggunakan transportasi pribadi ada juga moda transportasi massal Trans Jakarta rute Ragunan – Blok M, yang tepat turun di depan hotel. Dan dari Lapangan Monas hanya 11 km.

“Di antara banyak hotel di kawasan Kemang, Hotel Sotis Kemang hadir dengan konsep boutique. Mulai dari taste, lalu nuansa boutique life style hotel juga ditonjolkan. Sehingga kita ‘pede’, ada diantara hotel-hotel lainnya di sekitar Kemang. Sebab, di Kemang belum ada hotel dengan konsep seperti Sotis. Kalaupun ada boutique hotel di daerah sini, tetapi hotel yang punya tema identik plus unik itu ya sotis hotel Kemang,” ungkap Vida yang sudah memiliki pengalaman GM dari tahun 2014.

Vida Frans, General Manager Hotel Sotis Kemang, Jakarta Selatan. (foto: ist)

Setiap tamu dipastikan akan terkesan begitu tiba di Lobby Hotel Sotis Kemang. Ada nuansa beda yang akan akan langsung bisa dirasakan. “Sudah banyak para tamu yang bilang, ‘waduh cantik ya nuansa hotel ini’. Mereka umumnya terkesan dengan ornamen-ornamen khas kain sotis, seperti di depan dinding ada motif kain Sotis sebelah kanan dan kiri dinding,” ujar Vida.

Nuansa yang berbeda itulah yang mengesankan para tamu. Hotelnya tidak begitu, tetapi kualifikasi bintang empat karena kelengkapan fasilitasnnya. Hotel Sotis Kemang ini memiliki 74 kamar, yang terdiri dari empat type, yaitu deluxe, premiere, junior sweet dan Sotis sweet. Untuk kamar deluxe ada dua macam bed, twin dan double, TV juga WiFi.

Kategori premiere dengan deluxe bedanya pada fasilitas kamar mandi. Kamar deluxe menggunakan shower sedangkan premiere menggunakan bathtub. Sedangkan junior sweet luasnya tentu berbeda begitu juga ukurannya. Dan Sotis sweet kamarnya lebih luas dan lengkap dari ketiga type, bahkan dilengkapi fasilitas meja makan untuk berdua. Semua kamar dilengkapi TV 42 inci, 64 Chanel.

Begitu juga setiap kamar memiliki mini bar. Kebanyakan hotel lain, mini bar di kamar itu jika dikonsumsi akan dikenakan pembayaran. Tetapi Hotel Sotis Kemang ini memberikan free kepada para tamu yang sudah check in. Ada tujuh item isi mini barnya, tiga macam minuman dan empat macam snack. Jadi para tidak perlu keluar kamar untuk sekadar mencari snack.

Selain itu, Hotel Sotis Kemang saat ini sedang memiliki program promosi. “Seperti saya bilang, kita sedang create awareness, dan kita lagi nge-branding nama Sotis itu sendiri. Apalagi di area Kemang ini, dan di Jakarta pada umumnya. Jadi kita membuat paket-paket eksklusif,” ujar Vida yang 16 tahun berpengalaman di bidang marketing.

Hotel Sotis Kemang memberikan kesempatan kepada tamu yang akan check in, dapat stay 24 jam. Misalnya tamu dari luar kota yang menggunakan flight malam dan baru bisa check in pukul 22.00 WIB, maka jam check out tamu tadi keesokan harinya juga pukul 22.00 WIB. Atau misalnya pagi-pagi mau check in jam tujuh, maka check outnya keesokan paginya juga jam tujuh pagi. Jadi tidak ada tambahan 50 persen dari tarif kamar untuk early check in.

Soup Tangkar Betawie dan Nasi Goreng Bakar, dua di antara tiga menu andalan Hotel Sotis Kemang Jakarta. (foto: monang sitohang)

Di bidang food and beverage, Sotis Kemang juga menaruh perhatian yang besar. Khusus menu makan, tersedia tiga menu favorit, antara lain Soup Tangkar Betawie, dari iga yang very-very tasty. Ada lagi menu nasi goreng bakar. Nasi goreng dibungkus lagi dengan daun. Dan menu ketiga yang menjadi andalan kami adalah Japanese sushi.

Vida menambahkan, semua unsur yang menjadi kelebihan Hotel Sotis Kemang sedang disosialisasikan melalui strategi branding. Targetnya, makin banyak dan makin banyak lagi masyarakat yang mengetahui Hotel Sotis Kemang dengan segala keunggulannya. “Hal lain yang kita jaga adalah konsistensi pelayanan. Prinsip hospitality yang prima menjadi unggulan yang harus diketahui sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia,” tekad Vida.

Tiga hal yang saya underline-kan kepada manajemen. Pertama pelayanan prima. Kedua, cita rasa makanan yang membuat tamu terkesan karena kenikmatannya. Ketiga, kebersihan. Tiga hal itu yang menjadi kunci sekaligus jawaban, tamu akan datang kembali atau hanya bertamu sekali.

Di kesempatan yang sama Budi Alamsyah, Food and Beverage Manager (FBM) Hotel Sotis Kemang mengatakan, dalam waktu dekat ini ada rencana mengadakan gathering EO dan WO di pertengahan bulan Maret 2020. Selain itu pihaknya juga akan membuat paket Promo Kampung Ramadhan di bulan Ramadhan mendatang. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *