Hindari Simpang-siur Informasi Virus Corona, Pemda Diminta Aktifkan Jubir

 Hindari Simpang-siur Informasi Virus Corona, Pemda Diminta Aktifkan Jubir

Ilustrasi–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Kementerian Dalam Negeri melalui Kepala Pusat Penerangannya,  meminta seluruh Pemerintah Daerah untuk mengaktifkan Juru Bicara (Jubir) guna menjelaskan kepada masyarakat terkait isu virus corona.

“Seluruh Pemda diharapkan mengaktifkan Jubir untuk menjelaskan kepada publik dan pers terkait isu corona, jangan sampai terjadi simpang siur,” kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar, Selasa (03/03/2020), sebagaimana dikutip dari rilis Puspen Kemendagri.

Pengaktifan Jubir di Pemda dilakukan guna mencegah kebohongan dan ketidakjelasan informasi di tengah masyarakat. “Hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah hoax atau ada kejelasan informasi publik terkait wabah korona,” jelasnya.

Jubir Pemda juga diminta berkoordinasi dengan dinas kesehatan maupun instansi terkait agar mampu memberikan pemahaman terkait kesehatan maupun virus corona.

“Jubir tersebut harus terkoordinasi dengan Dinas Kesehatan sebagai leading sektor dalam penanganan soal kesehatan termasuk terkait wabah virus corona,” pungkasnya.

Penunjukan juru bicara di lingkungan Pemda juga didukung dengan dikeluarkannya Surat Edaran nomor 480/3502/SJ kepada Gubernur dan 480/3503/SJ tanggal 6 Mei 2019 kepada Bupati/Walikota tentang Penunjukan Juru Bicara di Lingkungan Pemerintah Daerah.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *