Hadiah Masuk SMP, Atlet Sesilia Sabet Medali Emas

 Hadiah Masuk SMP, Atlet Sesilia Sabet Medali Emas

Sesi dengan Menejer Tim Ibu Nadirah Al Habsyi (nat)

JAYAKARTA NEWS – Atlet remaja berbakat asal Daerah Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat,  Sesilia Rosa Sinensis (11 thn) berhasil sabet  medali emas panahan sebagai hadiah terindah baru saja menamatkan Pendidikan Dasar sekolahnya.

Gadis  manis  bertubuh tambur ini tampak sangat gembira mampu mempersembahkan hasil terbaik untuk daerah kelahirannya di kelas Standar Nasional  U/15 untuk jarak 20 meter pada pentas Bogor Open Archery International Tahun 2022 di Kota Bogor.

Sesi nama panggilannya sungguh tampil cuek dan penuh percaya diri. Ini tentu bukan datang begitu saja. Dia sudah dibesut oleh pelatih selama tiga (3) bulan latihan spartan pagi dan sore hari. Salah satu pelatihnya adalah ayahandanya sendiri, mantan atlet Panahan Propinsi NTB, Abdul Haris yang juga menjabat Kepala SMPN 4 Kabupaten Dompu.

Sesi peraih medali emas bersama tim ofisial Panahan Kabupaten Dompu, NTB (nat)

Peraih emas ini, sepulang dari pentas panahan di Bogor akan mulai belajar menjadi siswa baru di SMPN I Dompu. Dia bangga dengan prestasi yang diraih pada hari pertama turnamen.

Paling tidak berharap menjadi motivasi bagi 9 atlet panahan lainnya. “Saya  taunya hanya fokus saja ketika bertanding. Sedikit tidak percaya. Tapi ini hadiah dari Allah swt,” jawab remaja kelahiran 1 September 2010 ini tenang.

Kesan pendiam dan pemalu sebenar masih terlihat dalam diri remaja Sesi. Dia bertekad prestasi ini akan menjadi motivasi untuk melecut prestasi-prestasi lain.

Menejer Tim Nadirah Al Habsyi senang dan sempat tidak percaya atas prestasi anak binaannya. Anggota DPRD Kabupaten Dompu ini mengakui ada faktor luck atau keberuntungan. Tapi, diakui hasil emas oleh Sesilia adalah buah dari kerja kerasnya. Capaian dari disiplin serta  latihan panjang yang dia lakukan selama kurun waktu persiapan kejuaraan ini.

Dari sembilan atlet panahan Dompu yang dipersiapkan, ternyata hari ke enam (Sabtu, 2/7) mampu menyabet dua emas lagi. M. Syarifudin Zabir yang adalah kakak Sesilia berhasil mendapatkan emas pada nomor favoritnya yaitu kategori Bantalan Coumpond usia 17  tahun putra jarak 40 meter dan atlet M. Andi Pasha di kategori yang sama untuk jarak 30 meter.  

Tampak Lilis AKJ, istri Bupati Dompu (di tengah kaos bercorak) bersama ofisial dan warga Dompu di Bogor, di tribun penonton (nat)

Tentu kabar yang sangat menggembirakan di jelang hari terakhir turnamen panahan internasional Bogor Open Archery Tahun 2022. Saudara Sesi lainnya, Meitha  belum beruntung. Dia  belum berhasil menapatkan medali.

Memang kompetisi panahan internasional di Kota Bogor tahun ini termasuk kompetisi sulit dan penuh persaingan. Bayangkan saja ada 1230 orang atlet dalam dan luar negeri ikut bertanding. Mereka memperebutkan piala Presiden RI untuk beregu dan 330 medali untuk perorangan.

Menurut Nadirah, banyak faktor non teknis yang mempengaruhi atlet di lapangan saat bertanding. Selain disiplin latihan dan fokus, bisa juga faktor keadaan angin waktu bertanding. Motivasi, peralatan, dukungan tim dan keluarga juga sangat mendorong keberhasilan seorang atlet panahan.  

Dan beruntung bagi Sesi. Dia didukung oleh dua saudara kandungnya  yang masuk tim. Selain  disuport saudara, peraih medali emas ini dimotivasi oleh rekan atlet dan ofisial tim. Tampak juga dibarisan penonton, beberapa anggota masyarakat asal Dompu yang domisili di Bogor ikut hadir.

Terpenting,  Suporter istimewa Sesi dan Syafrudin tentu saja istri Bupati Dompu ibu Lilis Abdul Kader Jaelani. Dan, pendukung setia yang mendampingi, mengurus  kebutuhan mereka serta menjadi motivator utama  adalah  ibunda tercinta, ibu Ifah Fariati dan ayahanda Abdul Haris yang juga merangkap jadi pelatih Tim Panahan Kabupaten Dompu. (nat)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.