Green Lake View, Bertetangga Sarang Hantu

 Green Lake View, Bertetangga Sarang Hantu

JIKA ada daerah yang berubah pasca krisis moneter 1998, salah satunya adalah Desa Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Ketika krismon terjadi, desa ini masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Cimanggis. Di daerah ini, bisa jadi jumlah pengontrak rumah petak, lebih besar dari warga asli.

Mereka adalah para buruh migran. Saat itu, banyak sekali pabrik besar beroperasi di sepanjang Jalan Raya Bogor. Ada Kong Guan, ada Sanyo, ada Toa, ada Rajabrana, ada Tokai, ada pabrik zipper YKK, dan masih banyak lagi. Situasi berubah drastis pasca krisis. Hanya satu-dua pabrik yang bertahan, selebihnya gulung tikar.

Anda bisa bayangkan, ribuan bahkan mungkin puluhan ribu pintu rumah petak yang semula terisi, kini kosong melompong. Sejak itu, Desa Sukamaju Baru menjadi sepi. Pertumbuhan desa, terasa sangat lambat.

Siapa sangka, 19 tahun kemudian, ya tahun 2017 ini, Sukamaju Baru kembali ingar-bingar. Bukan saja karena beberapa tahun terakhir akses jalan semua sudah dicor mulus, tetapi karena ada objek wisata bernama water park. Sungguh, sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, sebuah super block hadir di Sukamaju Baru, lengkap dengan sarana rekreasi water park modern.

Adalah pengembang PT Depok Cipta Sejati (Cempaka Group) yang menguasai lahan tepi danau, dan areal bekas pabrik garmen Rajabrana yang dulu terkenal sangat besar dengan jumlah karyawan mencapai ribuan orang. Cempaka Group memperkenalkan proyek baru “Apartemen Green Lake View” yang merupakan Super Blok Pertama di Kota Depok, dengan konsep modern dan alami yang dibangun di atas tanah seluas 13 Ha.

Lokasi super block ini memang luar biasa. Menghadirkan pemandangan menakjubkan di water park dengan ciri kas bangunan menyerupai kapal raksasa, dan Situ Rawa Kalong seluas hampir 9 Ha yang berlokasi di Jalan Nangka Cimanggis, 1 km dari Tol Cijago. Situ Rawa Kalong ini terbilang situ tua. Bagi masyarakat setempat, kenal betul karakter dan keangkeran situ ini.

Tahun 90-an, banyak sekali cerita-cerita dari para pemancing ihwal makhluk halus yang menghuni situ Rawa Kalong. Bukan hanya penuturan orang yang melihat hantu di sekitar situ Rawa Kalong, bahkan ketika itu relatif sering kejadian orang kerasukan sepulang dari bermain di dekat situ Rawa Kalong. Pendek kata, Situ Rawa Kalong adalah sarang hantu.

Sejak pembangunan super block, memang belum terdengar kejadian aneh terkait makhluk halus. Bisa jadi para hantu belum terganggu. Bisa jadi pula, karena dari sembilan tower apartemen yang sedia dibangun, saat ini baru satu tower saja yang hampir rampung. Karenanya, belum terlalu “mengganggu” para hantu. Entahlah nanti, kalau semua tower sudah jadi, mall sudah buka, dan berbagai pusat keramaian beroperasi. Pilihannya, para hantu yang mengungsi, atau para penghuni super block yang harus besar nyali. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *