Fitnah Media Sudan

 Fitnah Media Sudan

FORCE Police Unit (FPU) Polri, adalah the best contingen. Ini ditegaskan oleh pejabat tinggi UNAMID (United Nations-African Union Hybrid Mission in Darfur). Pujian kepada FPU 8 juga diberikan oleh Pemerintah Sudan, serta Pemerintah Daerah dan masyarakat Darfur.

Kompolnas sendiri, hadir di Sudan sejak 31 Januari 2017 hingga 4 Maret 2017 bersamaan kepulangan FPU 8, guna mengawasi proses Administrative Fact Finding serta memberikan dukungan kepada FPU 8 dan TBHI. Adanya pemberitaan media Sudan sebelumnya yang menyebutkan bahwa pasukan perdamaian Indonesia ditahan karena menyelundupkan senjata, adalah berita yang tidak benar dan telah mencemarkan nama baik, khususnya FPU 8, institusi Polri, bangsa dan negara Indonesia.

Sesungguhnya kontingen FPU 8 adalah pahlawan perdamaian (sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan bagi penugasan misi perdamaian) yang menjadi korban fitnah dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini kemudian juga terbukti dari beberapa temuan Joint Investigation Team (JIT) bahwa di antaranya terdapat kelemahan protokol keamanan bandara El Fasher yang dapat dengan mudah dimasuki orang beridentitas atau berseragam, atapun dibawa oleh “aparat”, serta tidak adanya CCTV di bandara dan keluar-masuk kendaraan yang tidak selalu terdata.

Oleh karena itu, Kompolnas berharap Pemerintah Sudan dapat menemukan pelaku yang sebenarnya dan memproses sesuai dengan hukum pidana yang berlaku. Kompolnas berharap Polri dapat memberikan perhatian kepada FPU 8, khususnya bagi keberlanjutan pembinaan karier dan pendidikannya.

Kompolnas memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian beserta jajaran, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi beserta seluruh staf terkait, Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin Badruzzaman beserta staf KBRI, Duta Besar RI untuk Perwakilan Tetap RI di New York Dian Triansyah Djani beserta staf PTRI, Tim Bantuan Hukum Indonesia (TBHI), dan Kontingen FPU 9 yang saat ini sedang bertugas di Sudan, atas seluruh kerja keras dan kerjasamanya.

Tidak lupa juga Kompolnas mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan UN/UNAMID Civillian, IPO Indonesia, MilOps/Staf Indonesia, yang selama ini dengan ikhlas memberikan dukungan moril dan materil kepada kontingen Indonesia, khususnya FPU 8. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *