DokMet dan Nutrisi Tepat pada Anak

 DokMet dan Nutrisi Tepat pada Anak

Dr dr Meta Hanindita

JAYAKARTA NEWS – Setiap tahun, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional pada 25 Januari. Tahun ini, tema yang diusung “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”. Masyarakat diingatkan kembali akan pentingnya pengetahuan tentang nutrisi yang seimbang.

Sebagai bentuk dukungan, penerbit Gramedia Pustaka Utama dan Dr. dr. Meta Hanindita Sp.A(K)., penulis seri Mommyclopedia, telah berkomitmen memerangi stunting dan obesitas pada anak dengan menerbitkan buku-buku parenting berkualitas.

“Menurut Global Nutrition Report 2014, Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam masalah gizi kompleks, di antaranya tingginya prevalensi stunting dan wasting, serta permasalahan gizi lebih. Data ini didukung oleh hasil riset Riskesdas 2018 bahwa prevalensi gizi kurang pada anak balita adalah 17,7%, sedangkan overweight dan obesitas mencapai 8%. Hal ini tentu berbahaya, mengingat keduanya merupakan faktor risiko yang berkaitan erat dengan beberapa penyakit kronis dan berpotensi kematian,” tutur dr. Meta Hanindita, atau yang akrab dipanggil dokMet oleh follower-nya di media sosial ini.

“Untuk itu, penting sebagai sarana belajar orangtua terkait pemberian nutrisi yang tepat bagi anaknya. Kita tahu, tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua. Tapi di era seperti saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk belajar apapun. Untuk parenting misalnya, salah satu sumbernya ya dari buku-buku parenting.”

Dokter Meta Hanindita saat ini tengah mempersiapkan perilisan buku ketujuh Mommyclopedia berjudul 89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun. Buku yang ditulis untuk membantu para ibu memenuhi pengetahuan kebutuhan akan nutrisi seimbang ini dilengkapi beragam varian resep untuk menggugah nafsu makan anak, serta menimbulkan rasa ingin tahu perihal pentingnya makanan sehat. Terbitnya buku ini diharapkan dapat membantu para ibu yang memiliki anak berusia dua sampai lima tahun supaya memiliki wawasan yang lebih luas mengenai pemberian nutrisi serta perkembangan fisik anaknya.

“Tak hanya terkait dengan kesehatan, masalah nutrisi berdampak terhadap pembentukan sumber daya manusia. Kualitas anak ditentukan sejak terjadinya pembuahan hingga usia balita. Oleh karenanya, penting bagi ibu untuk mencukupi nutrisi, baik bagi dirinya sendiri selama hamil maupun bagi bayi dan anak balitanya, guna mencetak generasi cemerlang,” tambah dr.  Meta.

Melalui seri Mommyclopedia, dr. Meta telah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar gizi dan tumbuh kembang anak bagi lebih dari 250.000 ibu di Indonesia. Di tengah isu stunting yang tengah menghantui masyarakat, seri ini dapat menjadi referensi valid untuk membantu meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak-anak di Indonesia, sehingga tidak mencari informasi dari sumber-sumber yang belum terbukti kredibilitasnya.

Dr dr Meta Hanindita dan bukunya.

Tentang “dokMet”

Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K) merupakan dokter spesialis anak yang menamatkan pendidikan kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya. Dokter anak yang juga berprofesi sebagai konselor laktasi ini dikenal luas sebagai pembicara di berbagai acara kesehatan. Berbagai penghargaan diraihnya, baik dari dalam maupun luar negeri, antara lain: Young Investigator Award European Pediatric Society of Gastroenterology, Hepatology and Nutrition 2018, Young Researcher Award 2016 (Makassar, Indonesia), Young Investigator Award 2018 (ESPGHAN, Jenewa, Swiss), Travel Scholarship Award 2018 (SSIEM, Atena, Yunani), Young Investigator Award 2020 (ESPGHAN, Kopenhagen, Denmark), serta Penghargaan dari IKAPI tahun 2020 untuk Kategori Writer of the Year.

Istilah Mommyclopedia yang digunakan dr. Meta sebagai judul seri buku parenting yang ia tulis dimaksudkan agar buku-buku ini dapat menjadi panduan yang mudah dipahami bagi ibu-ibu yang sedang membesarkan anak. Terbukti setelah buku pertama, Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 Tahun) dan buku kedua Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita (1-3 Tahun) yang terbit pada 2016 dan 2017, seri ini berhasil menjadi buku laris di kategori parenting. Lewat pemaparan yang singkat dan jelas, serta dilengkapi banyak ilustrasi yang menarik, informasi yang disampaikan dalam kedua buku ini membuat hari-hari merawat dan mengasuh bayi semakin menyenangkan.

Tiga buku berikutnya membahas fakta-fakta tentang ASI dan MPASI, yaitu Mommyclopedia: 456 Fakta tentang ASI dan Menyusui, Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI, dan Mommyclopedia: Tanya-Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama. Ketiganya merangkum pertanyaan dan jawaban yang sering muncul seputar nutrisi di seribu hari pertumbuhan pertama anak, khususnya terkait ASI dan MPASI, yang biasanya diajukan oleh orangtua. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, buku-buku ini merupakan panduan yang tepat untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak agar menjadi pribadi yang sehat dan cerdas.

Tidak  cukup dengan lima buku, dr. Meta kemudian membagikan resep-resep MPASI yang lezat, bergizi, dan mudah dibuat dalam Mommyclopedia: 78 Resep MPASI. Resep-resep ini ditujukan bagi anak berusia 6−8 bulan, 9−11 bulan, dan 12−23 bulan. Selain makanan utama, terdapat pula beberapa resep camilan anak yang menggugah selera. Kepopuleran buku ini menjadikannya Mega Best Seller hanya dalam waktu kurang dari satu bulan sejak pertama kali diterbitkan pada Juni 2020. Lebih dari 100.000 ibu telah mendapat manfaat dari resep-resep yang disajikan di buku ini.

Selain sibuk berpraktik, dr. Meta saat ini juga sedang mempersiapkan perilisan buku ketujuh dari seri Mommyclopedia. Buku yang diberi judul Mommyclopedia: 89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun ini dijadwalkan terbit pada Januari 2022. (laksmi wuryaningtyas)

admin

1 Comment

  • Sangat bagus, untuk pendampingan tumbuh kembang balita, menjadi anak emas perjuangan bangsa sebagai generasi anak BerPancasila.!

Leave a Reply

Your email address will not be published.