Diundang Sharing Komunikasi dan Motivasi di Oman

 Diundang Sharing Komunikasi dan Motivasi di Oman
Oleh Aqua Dwipayana

“Assalamualaikum wr.wb. Selamat siang Pak Dr. Aqua Dwipayana. Semoga kabar baik dan sehat afiyah selalu. Perkenalkan kami Ahmad Ma’rufi, Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Muscat, Oman. Kami bermaksud mengundang Bapak sebagai pembicara seminar kewirausahaan bagi Pekerja Migran Indonesia di Oman pada Jum’at, 28 Juni 2019 mendatang. Pesertanya sekitar 200 orang. Acaranya akan dirangkaikan dengan Halal Bihalal dan Sosialisasi Proses Pemulangan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah.”

Demikian WA yang saya terima Senin siang, 20 Mei 2019, sesaat setelah saya selesai sharing Komunikasi dan Motivasi di Lapas kelas IIA Padang dan menjelang melaksanakan kegiatan serupa di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang.

Setelah melihat jadwal saya pada tanggal itu masih kosong, saya langsung merespon WA dari Oman tersebut. “Wassalamu’alaikum Wr… Wb… Siap Pak AHMAD MA’RUFI. Berkat doa Bapak kabar saya sekeluarga baik2. Semoga Bapak sekeluarga juga demikian ya. Aamiin ya robbal aalamiin… Saya insya ALLAH siap memenuhi undangan Bapak. Menarik sekali rencana pelaksanaan seminar Kewirausahaan bagi Pekerja Migran Indonesia di Oman. Mohon info berapa banyak jumlah pekerja Migran di Oman? Terkait dgn undangan Bapak tsb apa yg perlu saya siapkan? Salam hormat buat keluarga dan Dubes. Makasih banyak Pak AHMAD MA’RUFI.

Undangan yang disampaikan Ahmad Ma’rufi yang baru sekitar tiga bulan tugas di Oman, sebelumnya pernah ditempatkan di Kuwait, merupakan berkah dan rezeki di bulan Ramadhan dari TUHAN yang saya terima untuk kesekiankalinya. Sebelumnya rezeki yang saya peroleh sudah bertubi-tubi.

Rencananya Duta Besar RI di Oman Musthofa Taufik Abdul Latif yang akan membuka acara itu. Beliau sangat serius menangani Pekerja Migran Indonesia di negara tersebut.

Sepanjang siang hingga sore kemarin, saya intens berkomunikasi dengan Ahmad Ma’rufi. Selain acara yang sudah diagendakan, beliau merencanakan saya untuk sharing dengan pengurus dan anggota Diaspora Indonesia di Oman. Mereka umumnya pekerja profesional yang jumlahnya sekitar 700 orang.

Menawarkan Sharing di Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Arab Saudi

Tidak hanya itu, Ahmad Ma’rufi akan mengontak kolega-koleganya di negara-negara sekitar Oman yang antara lain di Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Arab Saudi untuk menawarkan ke mereka agar saya sharing Komunikasi dan Motivasi juga di tempat mereka.

“Pak Aqua, nanti kami coba jajaki dengan rekan-rekan di negara tetangga sekiranya mereka ingin sekalian mengundang Bapak untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di tempat mereka. Jadi bisa serangkaian,” tambah Ahmad Ma’rufi.

Beliau tahu nama saya pertama kali saat search di google. Melihat ada berita tentang kegiatan saya memberikan sharing Kewirausahaan di KBRI Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2017 lalu sehingga tertarik mengundang saya ke Oman.

Kemudian Ahmad Ma’rufi kontak di Grup WA sesama koleganya yang bekerja di Kementerian Luar Negeri. Menanyakan apakah ada yang punya nomor kontak saya. Syafaat Ghofur dari KJRI Jeddah, Arab Saudi yang memberikan nomor HP saya.

Pada Rabu sore, 10 April 2019 lalu waktu Jeddah atau malam waktu Jakarta, saya sharing Komunikasi dan Motivasi di KJRI Jeddah. Konsul Jenderalnya Dr. Mohamad Hery Saripudin yang mengundang saya. Ketika itu Syafaat Gofur hadir sebagai peserta.

Sebelumnya tahun lalu saya telah sharing  Komunikasi dan Motivasi di Australia, Selandia Baru, Swiss, Perancis, dan Belanda. Sedangkan tahun ini selain di Oman, saya rencananya juga melakukan hal serupa antara lain di Rusia dan Chile.

Saya sangat bersyukur atas semua amanah dari Oman dan insya ALLAH negara2 lainnya. Itu merupakan rejeki di bulan Ramadhan buat saya sekeluarga. Alhamdulillah… ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *