Cara Berkomunikasi ala Nabi Ibrahim

 Cara Berkomunikasi ala Nabi Ibrahim
Oleh: Yunus Rizki

Orang yang pandai berkomunikasi sangat banyak. Orang yang senang berkunjung atau bersilaturahim, juga banyak sekali. Tapi, bisa jadi, tidak banyak orang yang hebat dapat menggabungkan keduanya. Berkomunikasi sekaligus merawat dan menjaga persaudaraan (silaturahim) dengan sangat baik. Tanpa pamrih!

Di antara orang yang sedikit, yang sukses menggabungkan aktivitas berkomunikasi dan bersilaturahim dengan sangat hebat itu, adalah Dr Aqua Dwipayana.

Sepertinya, Aqua Dwipayana begitu sukses mengelaborasi salah satu hadits Nabi Shallahu’alaihiWassalam.  Aqua Dwipayana menerapkan pada diri dan keluarga kemudian ditransfer ke masyarakat banyak.

Hadits riwayat Muttafaq’alaih dari jalur Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu itu, tercatat begini:

Bahwa Rasulullah Saw. bersabda: ”Bagi siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menjalin hubungan silaturrahim.”

Itu kunci yang dipegang Aqua Dwipayana. Yakni, silaturahim. Karena silaturahim merupakan sarana untuk memperoleh ridho dan pahala dari sisi ALLAH SWT, sekaligus sebagai media untuk mendapatkan kelapangan rizki di dunia.

Komunikator yang Punya Kredibilitas Tinggi

The Power of Silaturahim adalah rahasia sukses dari ALLAH SWT. Pak Aqua sukses mengambil kekuatan itu.  Lalu, membagi rahasia sukses itu kepada masyarakat banyak. Tidak hanya di Indonesia. Tapi juga di puluhan negara di dunia.

Pak Aqua kerap bilang seperti ini :

“Siapa yang ingin dilapangkan rizkinya oleh ALLAH dan dipanjangkan umurnya, maka  hendaklah mempererat dan menjaga  silaturahim dengan saudara-saudaranya dengan cara berbuat baik, menyayangi, dan tidak memutuskan persaudaraan dengan mereka. Terus berkomunikasi. Percayalah,

berkomunikasi yang baik dan bersilaturahim  akan dinilai sebagai shadaqah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.”

Institusi pemerintahan/BUMN, korporasi swasta, dan komunitas masyarakat profesional di dalam dan luar negeri, kerap mendatangkan Aqua Dwipayana sebagai pemotivator dan Pakar Komunikasi. Saat ini, beliau bahkan sedang roadshow di kantor-kantor BUMN PEGADAIAN se-Indonesia tentang pentingnya komunikasi untuk mencapai kesuksesan pribadi dan perusahaan.

Jadinya, Aqua Dwipayana adalah seorang Ustad dalam Majelis Kajian Komunikasi.

Pak Aqua Dwipayana, menurut saya, adalah Komunikator yang punya kredibilitas tinggi. Buktinya, sudah jutaan penerima pesan (komunikan) sangat percaya kepada sang penyampai pesan (Komunikator). Fatwa-fawa Aqua Dwipayana tentang bagaimana memanfaatkan komunikasi dan silaturahim sebagai jalan sukses, sudah banyak diikuti masyarakat, baik individu maupun lembaga.

Komunikasinya Efektif, Terukur, dan Mengerti Tujuan untuk Sukses

Saya mencermati juga, proses komunikasi antara Aqua Dwipayana dengan masyarakat penerima pesan (komunikan) adalah seperti proses komunikasi antara Nabi Ibrahim ‘alaihisalam dengan putranya Nabi Ismail ‘alaihisalam, yang tertuang dalam Ash-Shafat : 102.

Kesamaan apa? Komunikasinya Efektif, terukur, dan mengerti tujuan untuk sukses.

Lihat saja,

Meski perintah ALLAH SWT kepada Nabi Ibrahim sangat berat (mengorbankan putra yang dicintainya),, tapi cara berkomunikasi Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail sangat ekselen.

Nabi Ibrahim menyampaikan perintah ALLAH SWT yang datang dari mimpi itu dengan sangat efektif, terukur, dan memberi penjelasan yang mudah dimengerti.

Hasilnya sangat positif.

Nabi Ibrahim telah membuat Nabi Ismail mengerti tentang tujuan sukses, yakni menjalankan perintah ALLAH SWT.

Nah, dalam hemat saya, Aqua Dwipayana mengadopsi gaya berkomunikasi Nabi Ibrahim. Karena itulah, Aqua Dwipayana sangat dekat dengan ‘efek keberkahan’ dalam memberi ilmu tentang Komunikasi kepada banyak orang selama ini.

Begitulah Aqua Dwipayana yang saya kenal. Selalu ikhlas membagi sukses kepada siapa saja. Jiwa sosialnya juga sangat luar biasa. Super Dermawan. Salah satunya, meng-umroh-kan sahabat, kenalan, dan orang yang tidak mampu yang sebagian tidak dikenalnya. Jumlahnya sudah ratusan orang. Setiap tahun terus bertambah.

Aqua Dwipayana yang kini mendapat amanah sebagai Staf Ahli Ketum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu, selalu siap setiap saat  untuk membagi dan mengomunikasikan cara sukses. Cara untuk maju. Dan cara unuk berkembang. Beliau  membentuk kesamaan frame of reference (kerangka acuan) bagaimana agar hidup berkah dan sukses kemudian dipertegas dengan filed of experience (bidang pengalaman) pribadi seorang Aqua Dwipayana. ***

Penulis adalah wartawan senior yang bekerja sebagai redaktur di Koran Jakarta.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *