Banjir Laporan Banjir

 Banjir Laporan Banjir

HUJAN deras yang menerjang Jakarta pada hari Senin (20/2) dan Selasa (21/2) kemarin, berdampak luar biasa. Lamanya hujan pun berakibat meningkatkatnya debit air di sejumlah titik di Jakarta, yang berujung banjir.

Sepanjang dua hari tersebut, aplikasi Qlue mencatatkan peningkatan laporan banjir yang signifikan. Total jenderal, ada 1.500 laporan banjir yang masuk sejak 1 Desember 2016 sampai 21 Februari 2017, namun lonjakan terbesar terjadi pada dua hari kemarin.

Lalu, apa itu aplikasi Qlue? Aplikasi Android Ini Bisa Merubah Jakarta Menjadi Lebih Baik. Qlue adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadi jembatan antara warga dan pemerintah yang bertujuan untuk membangun Jakarta agar lebih baik lagi. Dengan aplikasi ini kita bisa bebas untuk menyampaikan keluhan tentang apa yang tidak wajar pada kota Jakarta.

Memang, jika biasanya Anda bingung mau mengadu ke siapa soal jalanan rusak, lampu penerangan jalan kurang, atau jalanan macet, dan berbagai permasalahan lainnya, maka aplikasi Qlue jawabannya. Qlue adalah aplikasi yang sengaja dibuat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai sarana pengaduan masyarakat. Melalui aplikasi media sosial Qlue Anda bisa berkomunikasi langsung dengan pemerintah atau swasta yang memiliki kepentingan publik.

Sebesar 43% dari total laporan banjir yang masuk didominasi pada 21-22 Februari kemarin. Besaran tersebut meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari-hari sebelumnya. Qlue memaparkan kalau laporan yang masuk sudah terselesaikan sebanyak 2,7% sementara itu 27,9% lainnya masih dalam status proses, dan 69,4% sisanya menunggu untuk direspon.

Selain data mengenai banjir, Qlue juga menginformasikan data laporan lain yang terkait dengan hujan panjang di Jakarta. Salah satunya adalah pohon tumbang, di periode yang sama (20-21 Februari 2017). Laporan pohon tumbang mencatatkan 31 laporan, 6,4% telah berstatus diselesaikan, 74,2% sedang dalam proses dan 19,4% nya masih menunggu direspon.

“Laporan banjir hari ini cukup menarik perhatian kami, jumlahnya memang lumayan melonjak dibandingkan jumlah laporan harian biasanya. Dengan adanya data ini kami harap semua pihak semakin waspada dengan cuaca dan keadaan lingkungannya,” ujar Elita Yunanda selaku Marketing Manager Qlue Indonesia, Rabu (22/2). ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *