Bamsoet Ingin Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP 2023

 Bamsoet Ingin Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP 2023

Ketum PB IMI Bambang Soesatyo melantik Pengurus IMI Sumatera Selatan periode 2022-2026 di Griya Agung Kediamanan Dinas Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Minggu (6/11/22)/foto: IMI

JAYAKARTA NEWS— Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah mendapatkan kepastian bahwa di tahun 2023, Indonesia akan mendapatkan dua kali kesempatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross, FIM Motocross MXGP, yakni putaran 10 dan 11 pada 25 Juni 2023 dan 2 Juli 2023. Jika Palembang siap maka akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP pada 2 Juli 2023.

Demikian disampaikan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo saat melantik Pengurus IMI Sumatera Selatan periode 2022-2026 di Griya Agung Kediamanan Dinas Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Minggu (6/11/22).

“IMI sudah mendapatkan kepastian bahwa di tahun 2023, Indonesia akan mendapatkan dua kali kesempatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross, FIM Motocross MXGP, yakni putaran 10 dan 11 pada 25 Juni 2023 dan 2 Juli 2023. Di 25 Juni rencananya dilaksanakan di Samota, Sumbawa NTB yang pernah sukses menjadi tuan rumah MXGP pada 25-26 Juni 2022. Untuk putaran 11 pada 2 Juli 2023, jika Palembang siap, bisa kita arahkan kesini,” ujar Bamsoet yang juga Ketua MPR.

Turut hadir antara lain, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. A.Rachmad Wibowo, Komandan Lanud Sri Mulyono Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, serta Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dengan pengalaman dan wawasan organisasi yang luas, serta ditopang kemampuan dalam membangun networking, dirinya meyakini di bawah kepemimpinan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni serta dukungan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, IMI Sumatera Selatan akan semakin maju dan berkembang. Sehingga pada tahun 2023 nanti siap menjadi tuan rumah MXGP 2023.

“Palembang pernah menjadi tuan rumah MXGP di tahun 2019. Sirkuit tanah liat MXGP di Palembang berada satu kompleks dengan OPI Mal di kawasan Jakabaring Sport City. Dibangun di atas lahan sekitar 2 hektare dengan menyajikan tantangan bagi pembalap motocross karena lintasannya tergolong pendek yakni hanya 1,2 kilometer. Bahkan Juara dunia Motocross Grand Prix MXGP tahun 2016 Tim Gajser menilai sirkuit mXGP Palembang menjadi yang salah satu yang terbaik, karena lokasinya yang sangat strategis ditengah perkotaan,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, IMI Sumatera Selatan juga harus menjadikan ajang otomotif sebagai industri olahraga yang selain ditujukan untuk membina dan meningkatkan prestasi atlet, juga diberdayakan sebagai bagian penting dari konsep pembangunan ekonomi yang holistik dan terintegrasi. Khususnya dengan sektor pariwisata, melalui pengembangan wisata olahraga otomotif (sport automotive tourism).

“Saya mengapresiasi peran dan kontribusi IMI Sumatera Selatan yang melalui kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan, telah berhasil menggelar berbagai event otomotif di Sumatera Selatan. Antara lain Kejuaraan Daerah Drag Bike pada Juni 2022 di sirkuit Jakabaring Palembang, Kejuaraan Daerah IMI Sumsel Road Race di Lubuklinggau pada Juli 2022, Kejuraan Drag Race and Drag Bike Championship 2022 yang diselenggarakan pada Agustus 2022 di sirkuit balap komplek olahraga Jakabaring Sport Centre, serta Kejuaraan Daerah Slalom Gubernur Cup 2022 yang diselenggarakan pada Oktober 2022, di Jalan Ade Irma Nasution,” terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI/Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, berbagai penyelenggaraan event otomotif tersebut tidak hanya berperan dalam mendorong bangkitnya perekonomian masyarakat, melainkan juga menyediakan sarana bagi peningkatan dan pengembangan prestasi atlet otomotif, serta menjadi ajang penjaringan atlet otomotif berprestasi.

“Lebih dari itu, penyelenggaraan event otomotif juga dapat mendorong sinergi otomotif dengan berbagai sektor lainnya, khususnya sektor pariwisata dan industri otomotif. Pada muaranya, berbagai dampak positif kemajuan dunia otomotif di Sumatera Selatan, akan berpulang kembali pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan,” pungkas Bamsoet.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.