Ayam Kampung tanpa Vetsin

 Ayam Kampung tanpa Vetsin

MEMASUKI Kampung Gudeg di Wijilan, Yogyakarta, matahari belum lagi terbit. Jejeran warung penjual gudeg di sepanjang jalan itu terlihat bebenah menampilkan “kawanan” masakan khas di etalase mereka. Tampak menggiurkan untuk dijadikan santapan pagi hari bagi turis “dadakan” seperti penulis saat itu.

Melancong ke Kota Gudeg, rasanya tidak sah jika belum berkunjung ke Kampung Gudeg ini. Memang gudeg ada hampir di tiap sudut Yogya, tetapi  Wijilan merupakan pusat gudeg yang paling populer. Tempatnya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat dan ada beberapa warung gudeg yang buka 24 jam.

Gudeg Bu Hj Rini, Wijilan, Yogya

Misalnya, warung gudeg Bu Rini, buka 24 jam dan menyajikan gudeg yang lezat. “Rahasianya, gudeg saya pakai ayam kampung, diolah dengan resep tradisional dan tanpa vetsin,” ujar pemilik warung ini, Hj. Rini kepada jayakartanews.

Pagi itu dia sudah terlihat sibuk dengan dua orang yang membantunya, menyiapkan pesanan cukup banyak. “Pagi ini ada pesanana lebih 100 boks untuk yang jalan-jalan ke Yogya. Biasanya kami antar ke parkiran tertentu dimana rombongan bus wisata itu menunggu,” ujar Rini sambil tangannya cekatan memasukan satu set gudeg komplet ke dalam dus-dus yang bejejer di depannya. Gudeg Bu Rini sudah ada selama 8 tahun di Jl  Wijilan No 7.

Menurutnya, Kampung Gudeg  sudah ada sejak tahun 1940 an. “Awalnya yang jualan di sini si mbah, mertua saya, Bu Slamet,” ujar wanita yang menjadi menantu bontot dari Bu Slamet. Gudeg Bu Slamet-lah yang dikenal pertama kali sebagai pencetus penjualan gudeg di Wijilan. Seiring berjalannya waktu, kini sudah ada belasan warung gudeg berjejer. Tidak semua buka 24 jam, seperti warung gudeg Bu Rini, yang lain rata-rata mereka buka pk 05.30 sampai pk 20.00.

Harga menu nasi gudeg di warug Bu Rini boleh dibilang tidak mahal. Misalnya nasi gudeg krecek telur Rp10.000 per porsi.  Jika tambah ayam, harganya sekitar Rp 24.000 sampai 36.000 per porsi.  Mau pesen paket pun ada. Seperti, paket kendil terdiri dari: Gudeg Krecek dengan satu ayam utuh dan 5 telur seharga Rp 205.000. Atau paket besek yang isinya: Gudeg krecek satu ayam utuh dan 5 telur harga Rp 195.000.

Selain gudeg siap saji, Bu Rini juga memproduksi Gudeg Kalengan bagi mereka yang mau membawa oleh-oleh gudeg Yogya. “Tahan satu tahun, mba, gudeg kaleng ini, kami jamin, jangan khawatir. Gudeg kalengan ini bisa untuk oleh-oleh dari Yogya, silakan ini untuk mba…” ujarnya ramah sambil memberikan oleh-oleh Gudeg Kalengannya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *