Connect with us

Kesehatan

Ahli Gizi: Ikan Kembung Kaya Omega 3

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Ada banyak makanan yang mengandung protein, salah satunya adalah ikan kembung. Ikan ini bukan hanya bisa memenuhi asupan protein sehari-hari tapi juga kaya akan Omega-3. Dengan begitu masyarakat tidak harus memburu ikan-ikan mahal, cukup dengan ikan kembung yang harganya terjangkau dan mudah didapat.

“Omega-3 bukan hanya di ikan salmon ya ternyata di ikan kembung pun itu tinggi Omega-3-nya sehingga tidak usah mahal-mahal kita buru ikan yang mahal tapi bisa ikan seperti ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau dan kualitas proteinnya sama dengan protein hewani yang lain,” kata Triyani Kresnawan , Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) dalam konferensi video di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (7/5).

Asam lemak Omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu relaksasi otot, pencernaan dan pembekuan darah. Selain itu, masyarakat di rumah juga bisa mencukupi kebutuhan protein dengan bahan pangan yang mudah terjangkau dan bervariasi seperti tahu, tempe dan telur, sehingga tidak selalu harus makan daging dan ikan.

Dia menuturkan harus memperhatikan gizi seimbang seperti asupan protein, karbohidrat, sayur dan buah. Memang pada daging, terdapat kandungan asam amino yang lebih banyak dibandingkan tahu dan tempe. Kacang hijau juga merupakan sumber protein yang tinggi dan bisa dijadikan sebagai “snack” di rumah.

Masyarakat di rumah juga dapat berkreasi dengan masakan sehingga meski dengan bahan yang sama berkali-kali tapi menu makanan tetap menarik dan nikmat.***/non

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *