Yok Berwisata ke Kampung Kreatif di Tangerang

 Yok Berwisata ke Kampung Kreatif di Tangerang

 

 

 

DULU terkesan kumuh, tetapi sekarang terlihat apik dan berseri, dan tentu saja  penuh warna. Itulah gambaran sepintas tentang ‘Kampung Kelir’  yang berlokasi di Tangerang, Banten. Tentu saja, bukan suaty pekerjaan mudah untuk menyulap kawasan itu  menjadi seperti sekarang. Perlu  usaha keras, kegigihan, dan kebersamaan.

Kini, ‘Kampung Berkelir’ bagai menjadi ikon dan percontohan bagi kampung-kampung lain, untuk melakukan hal serupa. Setidaknya, membawa perubahan positif terhadap lingkungan tempat tinggal.

Terciptanya ‘Kampung Kelir’ Tangerang ini juga tak lepas dari peran swasta,  produsen cat  Pacific Paint yang menjalankan program CSR yang memberdayakan masyarakat setempat dan bekerja sama dengan tokoh masyarakat Tangerang.

Pacific Paint dengan porgram CSR-nya itu, turut membantu mewujudkan ‘Kampung Bekelir’ di wilayah kampung Babakan, Tangerang yang diperkenalkan secara resmi oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. Program ini merupakan bagian dari perayaan 75 tahun komitmen, dedikasi dan kesempurnaan yang diperlihatkan Pacific Paint kepada masyarakat.

Kehadiran ‘Kampung Bekelir’ ini juga merupakan ungkapan terimakasih perusahaan kepada masyarakat Indonesia yang selama 75 tahun telah setia menggunakan cat Pacific Paint untuk rumah dan bangunannya.

‘Kampung Bekelir’ adalah mitra Pacific Paint yang merupakan kawasan dengan 300 rumah yang berada di RW 1, Kelurahan Babakan, Tangerang yang semua dindingnya dihias dengan mural dan graffiti tematik yang bercerita tentang sejarah dan kearifan lokal. Dinding rumah di masing-masing lorong mengusung tema yang berbeda-beda sehingga terdapat ratusan mural dan graffiti.

Kampung ini menjadi obyek wisata baru yang kekinian, diperuntukkan buat  masyarakat Tangerang dan sekitarnya yang memperlengkap obyek wisata lain yang tak jauh dari lokasi seperti Pasar Lama, Kali Cisadane dan Klenteng Tua Boen Tak Bio dimana wisatawan selain dapat menikmati wisata kuliner, wisata edukasi UKM lokal seperti emping jengkol, tauge kacang hijau, sayuran hidroponik, bank sampah dan sebagainya.

Pacific Paint juga gencar memperlihatkan kontribusi nyata di segala bidang ini pun melakukan perubahan drastis di RW 1 Kelurahan Babakan menjadi lebih indah dan menarik untuk dikunjungi.

Awalnya merupakan kampung kumuh di daerah Tangerang yang terdiri dari 4 RT terdiri dari 300 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.100 jiwa, dirubah menjadi kampung wisata kreatif dengan memberdayakan masyarakat serta memberikan ruang kreasi kepada seniman serta meningkatkan potensi daerah.

Ricky Soesanto, Head of Marketing Pacific Paint begitu  antusias dapat bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk menjalankan program CSR, sejalan  dengan komitmen perusahannnya untuk mewarnai Indonesia dengan produk cat berkualitas. Salah satu hasil CSR-nya adalah kehadiran ‘Kampung Bekelir’ ini.

“Kami senantiasa memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi positif dan nyata kepada Negeri tercinta. Dengan produk cat berkualitas dan kepedulian kami untuk mewarnai Indonesia dengan warna-warni terbaik, maka dalam setiap program CSR yang kami jalankan, kami selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat,” jelasnya.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *