Connect with us

Sport

Wushu Amankan Target 1 Emas di Asian Games

Published

on

RAPAT Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia (PBWI) yang berlangsung di Hotel Century Senayan Jakarta, Minggu (11/2), lebih menekankan pada semangat untuk mengamankan target 1 emas wushu di Asian Games 2018.

Target 1 emas itu merupakan permintaan pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Oleh karenanya, tanpa harus menunggu pelatnas resmi dari pemerintah, PBWI telah melakukan persiapan lebih awal.

Sekjen PBWI Ngatino mengatakan hal itu usai Rakernas. Didampingi Wakil Ketua Umum PBWI Chairul Azmi dan Iwan Kwok, Ngatino menjelaskan, target 1 emas itu bukan main-main. ”Kami serius memenuhi target itu sehingga persiapannya pun tentu lebih serius. Sebagai tuan rumah tentu kita wajar mematok target 1 emas. Syukur-syukur lebih dari 1 emas,” papar Ngatino.

Sebelumnya saat membuka Rakernas, Ketua Umum PBWI Airlangga Hartanto mengatakan dalam mematangkan persiapan atlet-atlet wushu, menuju Asian Games 2018, tim wushu pelatnas akan mengadakan try out ke manca negara. Di antaranya nomor taolu training camp ke Hangzhou, Beijing, Sanda ke Iran dan Rusia.

“Sebelumnya, beberapa atlet akan kita kirim mengikuti event Moscow Wushu Stars, di Moskow, Rusia yang berlangsung 14-20 Februari. Kemudian dalam rangka menghadapi Asian Games 2018, kami akan menggelar Pelatnas di luar negeri, seperti di Iran dan Tiongkok,” jelas Airlangga.

Target 1 emas pun, menurut Airlangga sudah sesuai yang dicanangkan oleh PBWI. ”Mudah-mudahan ya, kalau bisa lebih dari satu. Mudah-mudahan, ya,” harap Airlangga.

PB WI juga seperti dikatakan Airlangga tak hanya fokus ke Asian Games juga tetap memperhatikan roda pembinaan di dalam negeri dengan menggelar Kejurnas Wushu Senor dan Yunior, 28 Maret hingga 4 April di Yogyakarta.

“Ya kami, Yogyakarta akan bertindak selaku tuan rumah Kejurnas Wushu Senior dan Junior, Maret hingga April mendatang,” tutur Ketua Harian Pengprov Wushu DI Yogya Muwardi Gunawan.

Rakernas yang diikuti 25 Pengprov dari 27 Pengrov Wushu se Indonesia berlangsung lancar dalam suasana kekeluargaan. “Seluruh laporan program kerja yang telah dilaksanakan tahun 2017 dan lapo­ran keuangan dapat diterima oleh peserta Rakernas dengan baik,” ujar Chairul Azmi.

Selain itu PB WI menyiapkan strategi untuk pengembangan wushu ke seluruh provinsi yang ada. “Kita ingin dalam periode ini, terbentuk 34 Pengprov wushu. Untuk itu, kami akan melakukan lebih banyak Diklat kepelatihan dan wasit juri dari seluruh Indonesia,” ujar Chairul. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *