Wow….Barongsai Dapat “Terbang”

 Wow….Barongsai Dapat “Terbang”
Suasana kejuaraan Barongsai ITC Cup IX Surabaya. (foto: poedji)

Jayakarta News – Mulai anak-anak sampai orang dewasa berdecak kagum melihat penampilan barongsai-barongsai dari berbagai perkumpulan saat menampilkan kebolehannya dalam acara kejuaraan Barongsai ITC Cup XI yang digelar oleh Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) selama 3 hari dan berakhir pada Minggu (25/8).

Tidak kurang dari 30 perkumpulan yang datang dari berbagai kota seperti Semarang mengikuti even ini. Bahkan ada peserta yang berasal dari Vietnam, Thailand dan China berpartisipai dalam acara tersebut.

Pada hari terakhir penontonnya tambah membludak karena ingin mengetahui kehebatan peserta yang masuk dalam babak final. Apalagi yang ditampilkan adalah katagori tonggak. Artinya Barongsai yang tampil harus naik ke tonggak yang dipasang panitia dan jumlahnya mencapai belasan mulai yang pendek sampai yang tinggi..

Sebelum para peserta memulai aksinya terlebih dahulu mereka melakukan perkenalan kepada para juri yang jumlahnya ada 9 orang. Kemudian di depan tempat kejuaraan ada meja dewan juri yang menghitung nilai-nilai yang diberikan para juri selanjutnya menjumlahkan dan langsung diumumkan berapa nilai yang didapat oleh peserta yang tampil saat itu.

Penampilan salah satu peserta. (foto: poedji)

Saat Barongsai meloncat-loncat dari tonggak satu ketonggak yang lain mata para juri tak berkedip untuk memonitor kehandalan peserta. Apalagi para penonton seakan terkesima dan manakala ada Barongsai yang meloncat dari tonggak ke tonggak lain ada yang berdesah, “wow barongsai dapat terbang”.

Selain itu adegan mengambil seuntai dedaunan yang ditaruh digagang tonggak dan diraih oleh Barongsai dengan mulutnya. Luar biasa sembari menurunkan kepala Barongsai menggigit dedaunan dan dibawa ke atas. Adegan ini banyak mendapatkan aplaus karena resiko kesulitan yang tinggi.

Menurut Anis Rungkat selaku ketua panitia, Menurut Anis Rungkat selaku ketua panitia, kejuaran ini merupakan acara tahunan yang sudah digelar selama 11 tahun lamanya.

Menurutnya, Terdapat berbagai kualifikasi yang harus diperhatikan para peserta kejuaraan untuk bisa merebut piala Wali Kota 2019.

“Terdapat tiga hal penting yang wajib diketahui bagi para peserta antara lain, Kerjasama, kekompakan dan yang terakhir teknik permainan,” imbuhnya.

Kejuaran Barongsai tingkat internasional ini diharapkan dapat memberikan edukasi untuk lebih menyukai olahraga dan seni Barongsai di tanah air. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *