Wonderfull Solo Carnival 2022

 Wonderfull Solo Carnival 2022

JAYAKARTA NEWS – Orang Betawi akan bilang, “Solo nggak ada matinye”. Berbagai event kreatif secara berkala digelar, dan mendapat sambutan antusias. Bukan saja sambutan dari dalam, tetapi juga internasional. Tak terkecuali event Wonderfull Solo Carnival, yang tahun ini bakal digelar 23 Juli 2022 mendatang.

Wonderful Solo Carnival merupakan ajang pertunjukkan karnaval yang ada di Kota Solo dengan menggaet anak muda kreatif dan inovatif dalam membuat suatu kostum karnaval. “Wonderfull Solo Carnival untuk meningkatkan potensi anak muda kota Solo di bidang desain, khususnya busana karnaval,” ujar Nico, Humas panitia kepada Jayakarta News, baru-baru ini.

Wonderfull Solo Carnival diharap tidak saja menggulirkan sektor ekonomi kreatif, tetapi juga meningkatkan kapasitas pelaku industri desain busana di kota Solo. Karena itu, menyongsong karnaval tersebut, juga dilakukan serangkaian kegiatan pendukung. Di antaranya, workshop desain kostum, make-up, koreografi, musik, serta peningkatkan kapasitas diri oleh para instruktur professional di bidangnya masing-masing.

Tahun ini, Wonderful Solo Carnival (WSC) mengangkat tema EUPHORIA “Kemeriahan Kesenian Tradisional”. Tema itu membawa makna luapan atau ungkapan rasa bahagia. “Seperti event yang didedikasikan bagi suka cita warga Solo. Ungkapan rasa bahagia tersebut akan dituangkan dalam sajian bentuk kostum di antaranya Topeng Ireng; Jathilan; Reog; dan juga Wayang Wong. Dimana masing-masing kostum membawa karakter tersendiri yang mencerminkan kesenian tradisional yang ada di Pulau Jawa,” tambah Niko.

Menjadi acara yang tidak hanya memperkuat kota Solo sebagai kota budaya yang kreatif, namun juga menjadi event yang dapat menginspirasl masyarakat lewat karya yang ditampilkan dan melestarikan peninggalan budaya Jawa sebagai kekayaan budaya Indonesia. Era digital, memungkinkan gemanya bisa trerdengar hingga ke manca negara.

Selain itu, masuknya Wonderful Solo Carnival sebagai salah satu agenda event kota Solo yang selalu diminati dan dinanti, diharapkan dapat memberikan efek domino untuk perekonomian kota Solo dan sekitarnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanan Wonderful Solo Carnival antara lain Workshop (Mei – Juli), Pre Event (Juli), Press Converence (21 Juli), Gladi bersih di venue (22 Juli) dan Grand Show Carnival yang akan dilaksanakan tanggal 23 Juli 2022.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Mei 2022 telah terselenggara Launching Prototype Wonderful Solo Carnival di CFD Slamet Riyadi. Launching prototype ini bermaksud untuk mengenalkan tema-tema yang akan dilaksanakan pada saat event Wonderful Solo Carnival (WSC) berlangsung, dimana terdapat 4 prototype yang menggambarkan tema WSC tahun ini yakni wayang wong, jathilan, topeng ireng & reyog.

Tahun ini WSC digarap oleh seniman muda kreatif dan berkarakter yang tergabung dalam komunitas paguyuban Seniman Karnaval Solo (Paskas) yang di ketuai oleh Khoirul Imam. Puncak WSC 23 Juli 2022 mendatang, dihelat di Mangkunegaran. (pr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.