“Wonderful Indonesia” di Messiad – Qatar

  “Wonderful Indonesia” di Messiad – Qatar

KOTA Messiad berjarak sekitar 30 km dari kota Doha, Qatar. Akhir pekan lalu (5/5/2018), sebuah auditorium dipenuhi aroma Indonesia. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” berkumandang, menandai dimulainya acara pentas seni budaya “Wonderful Indonesia” oleh Komunitas Diaspora Indonesia di Qatar.

Pementasan itu sekaligus memperingati 6 tahun Sanggar Seni dan Tari Puspa Qinarya (PQ), yang didirikan Siti Alami Betayanti. Kemasan acara tertata dengan cukup spektakuler, diawali pertunjukan teatrikal yang memamerkan kombinasi akting, nyanyi, dan tari. Sebuah kisah petualngan dua sahabat Layla dan Puspa pun terajut dengan elok.

Dikisahkan, perjalanan seni budaya Layla dan Puspa, dimulai dari daerah Maluku yang disambut penduduk asli dengan tarian dan nyayian “Dansa, Yok Dansa”. Menyusul selanjutnya, tarian dinamis “Katreji” oleh sekelompok gadis kecil.

Lepas bocah-bocah lucu turun panggung, tampil penari “Rejang Renteng”, sebuah tarian Bali yang dinamis dan indah. Belum habis penonton terpaku dan terpukau, disusul tari kontemporer “Cinta Indonesia”. Klimaks tarian ini adalah formasi membentuk sekuntum bunga yang sedang mekar. Berturut-turut kemudian adalah sajian tari Bajidor Kahot, Ondel-ondel dan Juwita.

Acara dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Marsekal Udara (Purn) Muhammad Basri Sidehabi dan para pejabat diplomatik, ekspatriat asing, para orang tua dan anak-anak. Ketua Asosiasi Perempuan Indonesia di Qatar (Perwiq), Andi Una menyampikan ucapan selamat kepada PQ yang diketuai Margie Aziz. Dalam sambutannya, Marqie menyampaikan apresiasinya kepada para hadirin serta dukungan terhadap PQ khususnya Dubes Basri, komunitas diaspora Indonesia di Qatar serta anggota PQ.

Menurut Ketua Panitia, Diana Kartikasari Wicaksono, PQ merupakan sekumpulan WNI yang memiliki dedikasi melestarikan warisan dan budaya Indonesia untuk dipromosikan pada warga Qatar dan komunitas manca negara. “Sebagai orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, ini adalah cara kami untuk berkontribusi bagi negara tercinta,” ujarnya.

PQ memiliki anggota yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan ibu rumah tangga yang umumnya melibatkan diaspora Indonesia yang bekerja di berbagai sektor industri seperti perminyakan dan gas, perhotelan, telekomunikasi, penerbangan, konstruksi dan lainnya. Anggota PQ juga berasal dari berbagai bangsa namun memiliki semangat untuk belajar dan mempromosikan budaya Indonesia.

Menurut staf KBRI Doha, Boy Dharmawan, PQ adalah salah satu dari 51 organisasi kemasyarakatan Indonesia di Qatar di bawah naungan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang dipimpin Prihandoko Saputro. PQ aktif mempromosikan budaya Indonesia dan berhasil meraih berbagai penghargaan internasional di Qatar. PQ tampil pada berbagai event di Qatar antara lain Festival ASEAN, Pameran Kopi Internasional, Festival Keragaman Budaya, Final Tournamen Sepak Bola Emir Cup, Turnamen Football Asia, serta acara budaya komunitas manca negara dan perusahaan asing lainnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *