Wisnu Widjaja, Namamu Abadi di BNPB

 Wisnu Widjaja, Namamu Abadi di BNPB

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo beserta seluruh pejabat eselon serta perwakilan keluarga, meresmikan nama ruang Pusdalops BNPB dengan nama almarhum “B Wisnu Widjaja”. (Foto: BNPB)

JAYAKARTA NEWS – Nama mendiang Ir Bernardus Wisnu Widjaja, MSc pun abadi di lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kemarin, Rabu (17/2/2020), Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mematrikan nama “Bernardus Wisnu Widjaja” menjadi nama ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) di lantai 11 Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur.

Menurut Doni, pengabadian nama Wisnu Widjaja adalah wujud penghargaan pemerintah dan BNPB kepada salah satu pejabat BNPB yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk penanggulangan bencana di negeri ini.

Kiprah konsisten itu dilakukan almarhum sejak bergabung dengan Bakornas PBP (Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi. Bakornas PBP adalah sebuah badan hasil penyempurnaan badan atau Lembaga penanggulangan bencana sebelumnya. Badan ini bercokol antara tahun 2000 hingga 2005 di bawah payung hukum Keputusan Presiden Nomor 111 Tahun 2001.

Tahun 2005 sampai 2008 kembali ke nama Bakornas PB, sebelum akhirnya berubah menjadi BNPB, sejak 2008 hingga sekarang. BNPB lahir setelah diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Sebagai turunannya, pemerintah kemudian mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Nah, sejak bergabung di Bakornas BPB tahun 2002 hingga wafatnya tanggal 18 Desember 2020, sepanjang itu pula Wisnu mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk penanggulangan bencana. Doni Monardo menyebut, Wisnu Widjaja adalah salah satu focal point dalam penanggulangan risiko bencana tidak saja di tingkat nasional, tetapi di tingkat internasional.

Buka Tirai

Seremoni berlangsung sederhana. Doni Monardo yang baru pulih dari paparan Covid-19 itu memotong pita karangan bunga dilanjutkan membuka tirai papan bertuliskan “Ruang Pusdalops Ir B Wisnu Widjaja MSc”, disaksikan seluruh jajaran pejabat eselon di BNPB serta perwakilan keluarga almarhum Wisnu Widjaja.

Almarhum Wisnu yang kelahiran Denpasar 11 Desember 1961 itu memiliki jejak yang tebal dan dalam khususnya di bidang program pengurangan risiko bencana (PRB). Jabatan terakhir almarhum adalah Deputi BNPB Bidang Sistem dan Strategi.

Melalui pengabadian namanya, Doni berharap apa yang menjadi harapan dan cita-cita Wisnu Widjaja dalam program pengurangan risiko bencana dapat dilanjutkan. “Semoga upaya dan kerja keras almarhum Wisnu Widjaja untuk membantu pemerintah dan bangsa Indonesia dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam program pengurangan risiko bencana bisa kita lanjutkan,” ujar Doni.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan piagam bela sungkawa dan penghargaan dari beberapa mitra BNPB kepada istri almarhum, Dorothea Rookmini.

Sedangkan, Ruang Pusdalops BNPB Ir Wisnu Widjaja MSc adalah ruang monitoring yang telah direnovasi dan saat ini memiliki tiga layar lebar dari susunan planar LCD. Melalui layar tersebut peta risiko bencana dan segala perkembangan penanggulangan bencana di Tahah Air dapat dipantau secara real time selama 24 jam 7 hari.

Melalui sarana dan prasarana monitoring tersebut, penanggulangan bencana di Indonesia dapat dilakukan sedini mungkin dan terarah. Selain laporan kebencanaan, melalui ruang Pusdalops juga dapat memonitor perkembangan cuaca di Indonesia. Saat ini Pusdalops BNPB dipimpin Bambang Surya Putra. (*/rr)

SAMBUTAN LETJEN DNI DONI MONARDO

Kepada Yth.
Keluarga Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc.,

Para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BNPB,
Para tenaga ahli BNPB,

Yang saya hormati,
Perwakilan dari IFRC,
Perwakilan PBB,
Perwakilan USAID,
Kedutaan Besar Australia,
serta Bapak/Ibu/Saudara sekalian.

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, kita bersama hadir di sini dalam kondisi sehat dan bahagia.

Bapak dan Ibu yang Saya banggakan,

Pada kesempatan ini, saya kembali menyampaikan rasa hormat dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. Beliau aktif dan berkontribusi besar dalam penanggulangan bencana di Tanah Air. Kiprah beliau sangat panjang dalam penanggulangan bencana, yaitu sejak bergabung dengan Bakornas PBP pada 2002 hingga akhir hayatnya pada 2020 lalu.

Kita belajar banyak dari kepemimpinan, keteladanan dan kesabaran, baik dalam aksi maupun saat mengajak berbagai pihak dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. merupakan figur dengan dedikasi tinggi tidak hanya di Tanah Air, tetapi wakil Indonesia di panggung global, salah satunya sebagai focal point dalam pengurangan risiko bencana.

Beliau selalu mengingatkan sumber daya manusia yang harus selalu ditingkatkan untuk terus belajar hingga mencapai pendidikan tertinggi di bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. memberikan inspirasi bahwa keterkaitan bencana sangat erat dengan permasalahan penghidupan masyarakat. Keterkaitan berbagai sektor untuk menyelesaikan permasalahan bencana harus selalu dilakukan secara sistematis dan startegis.

Di samping pengabdian sebagai pejabat tinggi madya di BNPB, beliau juga sebagai dosen manajemen bencana pada Program Disaster Management and National Security di Unhan dan anggota Dewan Riset Nasional Komtek Lingkungan dan Bencana. Segudang pengalaman dan sumbangsih pemikiran sangat membekas dan memberikan inspirasi kepada kita semua.

Kita hadir pada hari ini, Rabu, 17 Februari 2021, bertempat di Lantai 11 Graha BNPB, saya ingin meresmikan Ruang Pusat Pengendalian Operasi atau Pusdalops sebagai Ruang Pusdalops Ir. B. Wisnu Widjaja, M.Sc. Pemberian nama ruang pusdalops ini sebagai salah satu bentuk penghormatan kami di BNPB kepada beliau atas jasa, dharma bakti, serta pengabdian kepada bangsa dan negara, khususnya di bidang kebencanaan.

Tak lupa kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Ibu Dorothea Rookmini dan keluarga dalam mendukung Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. selama mengabdi di bidang kebencanaan. Dukungan keluarga tentu sangat berarti dalam tugas dan pengabdian selama ini. Kami mengenal Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. sebagai individu yang rendah hati dan penuh loyalitas yang tinggi di dalam pekerjaan.

Akhir kata, mari kita sambut dengan penuh kebanggaan ruang pusdalops ini menjadi Ruang Pusdalops Ir. B. Wisnu Widjaja, M.Sc. Semoga semangat dan bakti Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. dapat kita teruskan. Serta pemikiran terbuka beliau terhadap inovasi dan teknologi dapat memberikan inspirasi kepada kita semua.

Terima kasih Keluarga Bapak Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. dan para tamu undangan yang hadir pada kesempatan ini.

Kepala BNPB
Letjen TNI Doni Monardo

VIDEO PERESMIAN NAMA “IR B WISNU WIDJAJA MSC”

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *