Webinar “Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada di Masa Pandemi Covid-19”

 Webinar “Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada di Masa Pandemi Covid-19”

JAYAKARTA NEWS – Sebagai bentuk partisipasi publik dan concern kalangan kampus Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana Angkatan 36 mengadakan Webinar:  “Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada dimasa Pandemi COVID-19” pada (25/11).

Hadir sebagai narasumber dalam acara webinar ini: I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H., M.Si. dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Berton Suar Pelita Panjaitan, SKM., MHM., Ph.D., (BNPB), DR. Heri Budianto, S.Sos., M.Si., (akademisi) dan DR. Aat Surya Safaat, M.M. (wartawan senior).

Dalam acara webinar ini yang berlangsung selama 2,5 Jam ini pembahasan cukup padat dari narasumber dan peserta. Beberapa bahasan isu aktual terkait Pilkada dan partisipasi masyarakat serta bagaimana kesiapan penyelenggara Pilkada untuk pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang menjadi fokus. Terlebih tantangan pilkada di masa pandemi Covid-19 ini.

Materi dimulai dengan paparan dari Berton Suar Pelita Panjaitan, SKM., MHM., Ph.D. Berton yang menjabat sebagai Kepala Pusdiklat PB BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) memaparkan data-data perkembangan penyebaran covid-19 di Kabupaten/ Kota serta Propinsi yang nantinya akan menyelenggarakan Pilkada serentak.

Narasumber Kedua I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H., M.Si yang merupakan Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, memberikan paparan terkait peraturan yang telah dibuat KPU guna mengatur jalannya rangkaian Pilkada serentak dimasa pandemi Covid 19.

Narsum ketiga DR. Aat Surya Safaat, M.M yang merupakan Wartawan Senior sekaligus Asesor Wartawan Utama pada Uji Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (UKW-PWI) memberikan materi terkait peran media dalam meningkatkan partisipasi publik pada Pilkada di masa Pandemi Covid-19.

Adapun narsum terakhir DR. Heri Budianto, S.Sos., M.Si memaparkan terkait apa yang bisa dilakukan dalam sisa waktu menjelang puncak penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Sebagai akademisi, Herbud panggilan akrabnya mengingatkan kembali sisa waktu yang tinggal 2 minggu lagi sehingga pelaksana pemilihan sudah mulai melakukan kroscek persiapan pelaksanaan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Nani Kusuma Wardhani panitia penyelenggara webinar ini menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara seminar melalui webinar oleh Mahasiswa Paska Sarjana Komunikasi Politik Universitas Mercubuana ini menjadi wujud tanggung jawab publik dan pengabdian masyarakat dari unsur masyarakat sipil dan kalangan akademis utamanya bagaimana menempatkan media mampu berperan sebagai pilar demokrasi politik di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan fungsi kontrol publik. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari menjalankan fungsi tersebut. Terlebih situasi Pilkada yang terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, ada tantangan yang berbeda.

“Semoga pemilukada serentak di tengah pandemi Covid-19 bisa sukses, tetap sehat tetap partisipasi tinggi dan hak demokrasi masyarakat tetap terjaga,” pungkas Nani. (*/jnu)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *