Connect with us

Feature

Warna-Warni Polisi di Margo City

Published

on

Aneka kendaraan berat kepolisian, terpajang di sisi kanan teras Margo City, Depok. (foto: roso daras)

JALAN Margonda, beberapa hari terakhir tampak lebih banyak personil polisi. Terlebih di area depan Margo City. Jangan kaget, bila memasuki bundaran depan teras mal terbesar di Depok, berjajar kendaraan berat kepolisian. Kita baru ngeh tentang apa yang sedang terjadi, demi melihat sejumlah karangan bunga yang berjejer di sisi kiri teras mal. Isinya ucapan selamat atas penyelenggaran even “Depok Police Expo-2”, 24 – 30 April 2017, di Margo City.

Benar. Di lobby utama mall, meriah dengan pameran warna-warni polisi. Ada panggung, ada stand aneka layanan kepolisian, pameran aneka jenis kendaraan kepolisian, sampai kepada ruang informasi. Persis berhadapan dengan panggung, panitia memasang robot mobil ala transformer warna kuning. Hadirnya robot ini, tampak lebih menyedot perhatian pengunjung, dibanding rentetan acara yang digelar di panggung, dengan panduan dua orang MC.

Menarik menilik sejumlah kendaraan yang dipajang di situ. Setidaknya, masyarakat jadi lebih mengenal spesifikasi kendaraan yang biasa dipakai sehari-hari. Lihat foto dan keterangan foto berikut ini.

Motor patroli dan sepeda patroli. foto: roso daras

Sepeda Patroli Sabhara: Pengadaan tahun 2016. Digunakan untuk patroli sekitar wilayah Polsek. Kapasitas muat hanya 1 anggota, dilengkapi tas peralatan. Patroli sepeda diharapkan mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Motor Patroli Sabhara Kawasaki KLX 250: Digunakan untuk patroli wilayah dan pengamanan aksi demo. Tipe msin 4-Tak, DOHC. Jumlah & Isi silinder 249 cc. Diameter x langkah: 72 x 61,2 mm. Perbandingan kompresi: 11:1. Daya maksimum: 18.0 (kw)/9000 Rpm. Torsi maksimum: 21 Nm/7000 Rpm. Jumlah transmisi: 6 speed, return shift. Berat 137 kg, dengan kapasitas bensin 7,3 liter.

Robot penjinak bom. (foto: roso daras)

Robot Penginjak Bom Gegana: Pembuatan tahun 2011, sejenis tank baja dan setara robot Jibom buatan Jerman. Berat 60 – 70 kg, lebar 40 cm, panjang 1 m. Mampu bergerak di segala medan seperti tanah, rumput, tembok, dan mampu menaiki tangga. Robot ini dilengkapi dengan 6 kamera, dikendalikan dengan remote control dalam radius 500 – 600 meter. Tenaga baterai 24 volt dengan waktu pemakaian 2 jam. Mampu mencerai-beraikan bom pan discrupter yang bisa diisi dengan air tekanan tinggi atau peluru softgun. Bisa digunakan untuk mengintai persembunian target, serta dilengkapi senjata api otomatis untuk melumpuhkan target.

Sepeda motor patroli: Victory (kiri) dan Harley Davidson (kanan). (foto: roso daras)

Harley Davirdon Road King: Taun produksi 2013, digunakan untuk pengawalan. Mesin transmisi volume silinter 1687,97cc. Engine air-cooled twin cam 103TM. Torque 1—FT-LB 3250 RPM. Kapasitas tangki 22,7 liter. Medan yang dilalui, medan datar.

Victory: Pengadaan tahun 2012, digunakan untuk pengawalan. Kapasitas mesin 1731 cc stroke 500-V Twin. Tenaga mesin yang dihasilkan 97hp. Daya untir 113 FT-LB. Suspensi Telescopik Fork, dioperasikan untuk medan rata.

Robot ala Transformer. Pusat perhatian pengunjung. (foto: roso daras)

Robot ala Transformer yang banyak menyedot perhatian pengunjung, Depok Police Expo. Begitulah, sekilas warna-warni polisi di Margo City. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *