TRUST Gelar Rockins’tra di TIM

 TRUST Gelar Rockins’tra di TIM

Trust alias Trinity Youth Symphony Orchestra –foto istimewa

Nathania Karina , dirigen Trinity Youth Symphony Orchestra –foto istimewa

Memasuki  tahun 2018, Trust alias Trinity Youth Symphony Orchestra menggelar konser yang diberi tajuk Rockins’tra  di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Sabtu (24/3).

Orkestra yang berdiri tahun 2008 kali ini menampilkan 75 musisi, berusia dari 9 sampai 21 tahun. Dengan durasi pergelaran 2 jam, penonton yang gratis masuk dengan membawa undangan ini dihibur dengan sekitar 15 nomor – vokal dan instrumentalia – lagu-lagu cadas dari Beatles, Queen, Deep Purple, Led Zeppelin, Guns N’ Roses, Bon Jovi, Aerosmith, Coldplay, Linkin Park, Muse, Green Day, Red Hot Chilli Peppers dan seabreg nomor lawas lainnya. Hanya satu lagu berlirik bahasa Indonesia yang bernuansa rock yaitu ‘Roman Picisan’ milik Dewa 19.

Dirigen dipegang Dr (musik) Nathania Karina lulusan Boston University. Sedangkan beberapa vokalis dicomot dari luar dengan penampilan ala rocker bagi biduannya yaitu Andy Owen (dari Teddy Sujaya Project) dan Andy Lee (dari grup Roy Jeconiah Boomerang), plus Nikki Thierry. Duet Andy Owen dan Andy Lee cukup prima ketika menggebrak lagu-lagu rock dari Aerosmith dan Queen. Owen sembari melantunkan vokalnya yang nyaring, juga memetik gitar elektrik.

Konser dibuka dengan nomor ‘We Will Rock You’ milik Queen. Lagu yang terasa cadas ini seketika menggiring penonton untuk bernyanyi bersama dan meggoyang-goyangkan badannya di tempat duduk.

Disusul nomor-nomor lain yang sangat akrab di telinga kita, dari lagu-lagu rock di tahun 70an sampai 90an, diantaranya ‘Stairway to Heaven’ (Deep Purple), ‘Come Together’ (Beatles), ‘Smoke on The Water’ (Deep Purple), ‘Bohemian Rhapsody’ (Queen), ‘Beautiful Day’ (U2), ‘Hysteria’ (Muse), ”I Don’t Wanna Miss A Thing’ (Aerosmith, lagu tema film ‘Armagedon’), Sweet Child O’ Mine (Guns N. Roses), ‘Yellow’ (Coldplay) plus beberapa medley (rangkaian lagu) seperti ‘Numb’ dan ‘In The End’ dari Linkin Park, ‘Always’ dan ‘It’s My Live’ dari Bon Jovi.sebagai lagu pamungkas.

Dr Nathania Karina disela-sela istirahat selama 15 menit memaparkan, latihan di Trust bersifat intensif namun fun. Para personel Trust terbanyak datang dari Jakarta, tapi ada yang datang dari Karawang, Bandung dan Lampung.

“Mereka lulus lewat serangkaian test. Yang utama, harus menguasai not balok dan lihai memainkan salah satu instrumen musik, baik piano, keyboard, gitar, drum, bas maupun string, biola dan lain-lain,” ungkap Nathania Karina.

Setiap anggota didukung untuk mengasah kemampuan individu mereka semaksimal mungkin. “Berbeda anggapan bahwa orkestra selalu membosankan, repertoar lagu yang dimainkan di Trust sangat bervariasi mulai dari klasik, pop, rock, jazz sampai tradisional. Kami enggak mengkotak-kotakkan genre musik. Semua jenis musik baik, asal dimainkan dengan benar dan berbobot,” tambahnya.

Trust pernah mewakili Indonesia dalam event Australia International Music Festival 2015 di Sydney Opera House, home orchestra Festival Film Indonesia 2015 di Banten dan di Java Jazz Festival 2015. Dan Juni 2017 yang lalu, Trust unjuk diri bersama Malaysian Youth Philharmonic Orchestra di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bersifat non-profit, dan bernaung dibawah label Trinity Optima Production, keanggotaan Trust terbuka untuk umum dan setiap orang berkesempatan bergabung selama mereka berkomitmen dan mencintai musik. Sejak awal, Trust memiliki komitmen untuk memberikan wadah bagi anak muda belajar dan mengapresiasi musik serta memberikan ‘pathway to music industry’.

Ditengah sedikit sekali grup orkestra yang mampu bertahan di Jakarta, Trust hendak menunjukkan eksistensi mereka sebagai salah satu orkestra komunitas terbaik dan terbesar (serta terbanyak anggotanya) di Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya.

“Musik orkestra enggak identik dengan sesuatu yang membosankan dan memberatkan. Kami bersama bisa mendorong generasi muda untuk semakin mencintai dan mengapresiasi musik di Indonesia secara general,” tegas Nathania Karina, yang menambahkan akan menghelat konser dengan tema lagu-lagu soundtrack film populer. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *