Trotoar Rawamangun, Indah tapi Gersang

 Trotoar Rawamangun, Indah tapi Gersang

ANDA pun pasti sepedandapat dengan kenyamanan yang dirasa pengunjung lain di Terminal Bus Rawamangun, Jakarta Timur.  Memang, Terminal Bus Rawamangun, Jakarta Timur, berganti wajah dan semakin indah. Trotoarnya yang berwarna warni dan bersih ini sangat nyaman untuk pejalan kaki dan penyandang disabilitas.

Warna abu-abu, coklat dan merah bata serta kuning menghiasi trotoar yang berada di sepanjang jalan depan Terminal Rawamangun. Garis warna kuning membentang di sepanjang trotoar. Garis kuning tersebut untuk membantu mempermudah kaum disabilitas saat berjalan di trotoar.

Trotoar dihiasi tanaman hijau di pot-pot yang dicat warna kuning dan oranye. Empat tempat pembuangan sampah juga disediakan di sudut-sudut trotoar. Tidak ada kendaraan roda dua yang nekat melintas di atas trotoar. Demikian juga kendaraan yang parkir sembarangan di badan trotoar itu. Kondisi trotoar yang bersih dan rapi membuat pejalan kaki menjadi nyaman. Sejumlah kendaraan pribadi dan angkutan umum terlihat sesekali menaikkan dan menurunkan penumpang.

Memang, di sini tidak boleh parkir sembarangan. Jadi pejalan kaki jadi enak dan nyaman. Tidak hanya itu, kursi-kursi santai yang dipasang di trotoar menambah keindahan. Kursi itu digunakan para pejalan kaki untuk beristirahat.

“Trotoar di sini banyak manfaatnya. Kami bisa duduk-duduk santai. Jika hari sudah mulai sore makin banyak orang-orang yang di sini, ngopi-ngopi santai,” ujar Setiawan, pengunjung terminal.

Yusuf, seorang pekerja ojek online yang sering beristirahat di trotoar tersebut menginginkan penghijaunya di sekitar trotoar ditambah. Sebab trotoar yang sudah terbangun sejak 3 bulan yang lalu terlihat masih gersang.  “Sudah bagus ini trotoarnya tapi ini kurang penghijauannya. Buat pagi dan sore nyaman, kalau siang masih panas,” tambahnya.

Selain itu dia menginginkan pembangun trotoar seperti yang di depan Terminal Rawamangun tersebut dilakukan di seluruh sudut kota Jakarta. “Kalau bisa semua trotoar seperti ini jangan hanya di depan terminal saja. Contohnya di Jalan Gusti Ngurah Rai itu kan kecil istilahnya buat ngadem saja susah, pejalan kaki saja susah,” ungkap dia. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • Terima kasih Pada Pemda Jakarta Timur yang telah membangun trotoar di bilangan Terminal Rawa mangun, yang luas dan nyaman untuk pejalan kaki, tapi perlu juga di jaga kebersihan kenyamanan dan keamanannya, juga para pedagang akai lima. agar tetap terjaga ke indahannya. sukses untuk pak wali kota Jakarta timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *