Connect with us

Sport

Tour de Linggarjati 2017 Segera Digelar

Published

on

INGIN mengulang sukses tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat didukung Kementerian Pariwisata kembali menggelar lomba balap sepeda Internasional Tour de Linggarjati (TdL) 2017, 1-3 Desember 2017 mendatang. Event berskala internasional ini untuk mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan, memacu pembangunan infrastruktur daerah, membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi, sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

Penyelenggaraan wisata olahraga TdL 2017, menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti, untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan. “Selama berlangsung TdL 2017 ditargetkan akan mendatangkan 500 wisatawan nusantara dan 150 wisatawan manca negara dengan total pengeluaran lebih dari Rp 2 miliar yang langsung dibelanjakan ke masyarakat,” kata Esthy.

Event sport tourism, tambah Esthy Reko Astuti lagi, memiliki ikutan langsung berupa peningkatan ekonomi serta promosi  berupa news value  yang dampaknya akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, yang tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan diproyeksikan mencapai 3 juta orang dengan pengeluaran sebesar Rp 2,4 triliun. “Peningkatan kunjugan wisatawan ini tentunya tidak lepas dari semakin membaiknya unsur 3 A (Atraksi termasuk adanya event TdL, Amenitas, dan Aksesibilitas),” paparnya.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menambahkan, Kabupaten Kuningan telah menetapkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan untuk ini berbagai upaya mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki terus dilakukan di antaranya menggecarkan promosi serta peningkatan kualitas destinasi termasuk aksesibilitas. “Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, 8 event budaya tahunan, 4 situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan,” kata H. Acep Purnama, seraya mengatakan untuk aksesibilitas telah dibuka, Tol Cikapali (Jakarta-Kuningan hanya 3,5 jam), Tol Cisumdawu,  dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Menurut H. Acep Purnama,  penyelenggaraan event TdL  merupakan investasi  jangka panjangdalam upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan,  “Melalui event ini kita kenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan,” kata H. Acep Purnama lagi.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan TdL 2017 yang akan diikuti s 200 peserta ini juga  dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-519 dan memperingati  peristiwa Perundingan Linggarjati ke-71 sebagai bagian sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *