TKI Keren

 TKI Keren

BAGI masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, kini tak perlu was-was dipermainkan oknum calo.  Kini Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK) Kementerian Tenaga Kerja meluncurkan aplikasi TKI Keren, sebuah aplikasi online berbasis Android, untuk mempermudah akses pelayanan informasi bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri.

Menurut Direktur Binapenta dan PKK Hery Sudarmanto, aplikasi TKI Keren juga memberikan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia di negara penempatan seperti Malaysia, Korea, Brunei Darussalam, Taiwan, Singapura, Hongkong, dan lain-lain. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui perusahaan yang bisa mendaftarkan untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI.

“Informasi kepada masyarakat harus jelas, selama ini masyarakat banyak memperoleh informasi melalui calo. Sekarang masyarakat bisa memilih sendiri karena pemerintah telah menyediakan layanan informasi online,” cetus Hery Sudarmanto.

Hery menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan pelayanan yang mudah, murah, cepat, aman, transparan dan berkualitas bagi TKI.

Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi bisa mendapatkan pilihan menu di halaman utama. Yakni persyaratan dan ketentuan serta kondisi bekerja di negara tujuan, jenis pekerjaan yang sedang tersedia di luar negeri, daftar perusahaan pengerah tenaga kerja luar negeri swasta, data TKI yang sedang berada di luar negeri dengan pencarian berdasarkan nama atau paspor, serta alamat kantor dinas tenaga kerja kabupaten/kota. Kemudian menu pendaftaran sebagai calon tenaga kerja lengkap dengan pengecekan status pendaftaran, menu pengaduan, juga penghentian dan pelarangan penempatan.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *