Tim Putri Indonesia Kalahkan Hong Kong

 Tim Putri Indonesia Kalahkan Hong Kong

Gregoria Mariska Tunjung dkk sukses mengalahkan Hong Kong/foto: PP PBSI

JAYAKARTA NEWS— Tim putri bulutangkis Indonesia mengawali langkah perdana dengan manis . Gregoria Mariska Tunjung dkk sukses mengalahkan Hong Kong dengan 4-1 dalam laga pertama penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa (15/2), pagi, Gregoria yang turun pertama, sukses menjadi ujung tombak Skuad Garuda Muda. Lewat permainan yang lebih rapi, Gregoria akhirnya membawa Indonesia memimpin 1-0 setelah menang 21-16, 21-12 atas Cheung Ying Mei.

“Puji Tuhan saya bisa melaksanakan tugas dengan baik, saya bisa memenangi pertandingan di partai pembuka. Memang kondisi saat latihan dan pertandingan berbeda. Perlu adaptasi lagi. Tadi saya juga sempat melakukan beberapa kesalahan. Untungnya, lawan juga belum in dengan atmosfer pertandingan sehibgga tidak berkembang permainannya,” sebut Gregoria kepada Tim Humas PBSI seusai laga.

Menurut pelatih tunggal putri Herli Djaenudin, penampilan Gregoria sudah oke. Cuma memang karena ini pertandingan pertama, anak didiknya juga masih beberapa kali melakukan kesalahan sendiri karena adaptasi dengan arah angin dan tata cahaya belum optimal.

“Secara permainan, penampilan pertama Gregoria sudah baik. Kalau ada kesalahan itu juga karena pengaruh angin dan lampu,” sebut Herli.

Pada partai kedua, lewat laga yang berjalan ketat dan menegangkan, pasangan ganda putri pertama Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi harus mengakui keunggulan Yeung Nga Ting/Yeung Pui Lam, 19-21, 21-19, 21-23. Kedudukan pun menjadi 1-1.

“Dari sisi permainan, kami sudah maksimal. Maaf, kami tidak bisa menyumbangkan angka. Tadi, konsistensi pemainan kami di tengah lapangan masih sering kehilangan fokus. Kami juga kurang cepat mengantisipasi perubahan permainan dari kalah angin menjadi menang angin,” komentar Febriana dan Pratiwi tentang pertandingan selama 65 menit itu.

Tunggal kedua Putri Kusuma Wardani sukses membawa Indonesia unggul 2-1. Dia bermain lebih apik setelah menang atas Yeung Sum Yee, 21-14, 21-5 hanya dalam 33 menit.

“Tadi awalnya sempat tegang. Namun setelah memimpin di interval pertama, saya bisa lebih enjoy bermain. Apalagi di gim kedua, saya lebih nyaman bermain dan akhirnya bisa menang mudah,” tutur Putri.

Kepastian tim putri Indonesia menang 3-1 atas Hong Kong ditentukan oleh Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro. Lewat pertarungan sengit berdurasi 48 menit, Lanny/Jesita akhirnya menekuk Fan Ka Yan/Yau Mau Ying dengan 12-21, 21-14, 21-19.

“Kita bersyukur alhamdulillah bisa memastikan kemenangan Indonesia,” ujar Lanny.

“Senang akhirnya bisa menyumbangkan poin kemenangan. Tadi di gim pembuka kami sempat tegang dan kalah. Setelah itu kita perbaiki komunikasi dan bermain lebih aman dan yakin. Itu kunci kemenangannya,” tambah Jesita.

Di partai terakhir, Stephani Widjaja melengkapi tim Merah-Putih menang 4-1 atas Hong Kong. Pemain tunggal ketiga ini mengatasi perlawanan Saloni Samirbhal Mehta dengan 21-18, 21-13.

“Tadi saya berprinsip main tenang saja agar bisa mengeluarkan permainan terbaik saja,” sebut Stephani.

Hasil Tim Putri Indonesia vs Hong Kong (4-1)

Gregoria Mariska Tunjung vs Cheung Ying Mei, 21-16, 21-12.
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Yeung Nga Ting/Yeung Pui Lam, 19-21, 21-19, 21-23
Putri Kusuma Wardani vs Yeung Sum Yee, 21-14, 21-5
Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs Fan Ka Yan/Yau Mau Ying, 12-21, 21-14, 21-19
Stephanie Widjaja vs Saloni Samirbhal Mehta, 21-18, 21-13.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.