Tak Takut Cedera

 Tak Takut Cedera

SIAPA sangka jika Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo yang baru diresmikan ini memiliki kelebihan dibanding RPTRA lainnya. Ya, mainan anak yang ada di sana telah diasuransikan. Sehingga, setiap anak yang mengalami cedera akibat menggunakan fasilitas permainan tersebut dapat melapor ke pengelola RPTRA dan mendapat perawatan. Karenanya, pengunjung tak perlu ragu melepaskan anaknya untuk menikmati seluruh sarana permainan yang ada.

RPTRA Kalijodo merupakan satu lokasi yang diresmikan penggunaannya oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, baru-baru ini. Kawasan yang dulunya dikenal sebagai tempat prostitusi, kini disulap menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). RPTRA Kalijodo ini merupakan RPTRA ke-184 yang telah diresmikan Pemprov DKI. Di antara jumlah tersebut, ada sebanyak 123 RPTRA yang dibangun dengan menggunakan APBD DKI Jakarta.

“Saya puas dengan hasil pembangunan RPTRA Kalijodo ini. Karena RPTRA ini dapat dijadikan sarana beraktivitas yang berguna bagi warga, terutama anak-anak yang membutuhkan ruang bermain,” kata Ahok di RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat.

RPTRA Kalijodo dibangun menggunakan dana CSR PT Sinar Mas Land dengan anggaran senilai Rp 3,6 miliar. Berbeda dengan RPTRA lainnya, RPTRA yang memiliki luas lahan 5.489 meter persegi dan luas bangunan 1.468 meter persegi tersebut memiliki Pos Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan anak.

Pos tersebut dikelola oleh Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI bekerja sama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI serta LSM.

Selain meresmikan RPTRA Kalijodo, Ahok juga meresmikan RTH Kalijodo yang terletak di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. RTH tersebut memiliki luas sekitar 10 ribu meter persegi dan memiliki sejumlah fasilitas di antaranya skate park , arena bermain sepeda BMX, outdoor gym dan toilet untuk penyandang disabilitas. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *