Tahun 2019, Mapala UI Selesaikan Pendakian Seven Summits

 Tahun 2019, Mapala UI Selesaikan Pendakian Seven Summits

Mapala UI–foto istimewa

Mapala UI–foto istimewa

Mahasiswa Pencinta Alama (Mapala) Universitas Indonesia menargetkan hingga tahun 2019 pendakian Seven Summits akan selesai. Yohanes Poda, Ketua Umum Mapala UI, mengatakan,  dimulai di Puncak Carstensz, Papua pada tahun 1972, Ekspedisi Seven Summits ini akan berakhir dengan pendakian Gunung Everest, Nepal, yang memiliki ketinggian 8.848 mdpl pada tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Yohanes menyatakan bahwa tantangan terbesar dalam perencanaan pendakian Everest ini adalah dana.

Ia menyebutkan bahwa pendakian tersebut akan memakan biaya sebanyak kurang lebih Rp800 juta per pendaki. “Ini (rencana menuju Puncak Everest) tidak hanya dilakukan oleh Mapala UI tapi juga dapat melibatkan pihak UI dan Iluni UI,” jelas Yohanes.

Sementara itu, Arman Nefi, Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia, mengatakan, untuk rencana pendakian Everest ini memang dipastikan akan memakan biaya yang besar. Untuk itu, pihak kampus pun akan membicarakan secara langsung dengan pengurus Mapala UI.

Dalam kesempatan ini pula, Mapala UI menyampaikan keberhasilan mencapai puncak Gunung Vinson Massif. Puncak tertinggi di Benua Antartika ini merupakan puncak ke-6 yang berhasil dicapai dalam rangkaian Ekspedisi Seven Summits UI.

Pada 6 Januari 2018 pukul 16.30 waktu Chile, atau 7 Januari 2018 pukul 02.30 WIB, Mapala UI, diwakili oleh Dedi Satria (M-737-UI), berhasil menapakkan kaki di puncak Vinson Massif, yang merupakan puncak gunung tertinggi di Benua Antartika.

Pendakian ini sudah dipersiapkan sejak Februari 2017. Pada Desember 2017, tim bertolak dari Jakarta untuk memulai perjalanan menuju puncak ke-6 dalam Ekspedisi Seven Summits UI ini. Akibat cuaca yang kurang mendukung, pendakian itu sendiri baru bisa dimulai pada 2 Januari 2018.

Arief Budhy Hardono, Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI),.mengatakan, Iluni UI melihat jelajah Mapala UI itu adalah hal yang membanggakan. Mapala UI memiliki sejarah besar dari sosok Soe Hok Gie yang menginspirasi. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.