Sensasi Mancing Bandeng di Hawaii Kronjo

 Sensasi Mancing Bandeng di Hawaii Kronjo
Sensasi memancing ikan bandeng di pemancingan Hawaii, Kronjo – Tangerang, memang luar biasa. Foto: Banjar S

ANDA pemancing spesialis bandeng dan susah mencari spot mincing bandeng yang memuaskan? Jangan khawatir. Meluncurlah ke Pemancingan Hawaii di Pulau Cangkis, Kelurahan Kronjo, Kecamatan Tronjo – Tangerang. Ikan jenis ini tidak hidup di air tawar, tidak juga di air laut, melainkan di air payau. Air dengan tingkat keasinan tertentu.

Bagi mereka yang ingin merasakan hembusan angin laut yang konon sangat berguna bagi mereka yang punya masalah pernapasan, maka lokasi ini sangat cocok  menjadi lokasi  mancing sambil menikmati  ikan bandeng bakar. Di pemancingan ini tersedia tempat mancing kiloan maupun untuk mancing lomba.

Pemancingan ini memiliki areal seluas 13 hektare, dilengkapi saung tempat beristirahat, kantin, musholla,  dan juga tempat parkir yang nyaman. Di areal tersebut, selain dimanfaatkan untuk empang pemancingan, juga digunakan untuk tambak udang, tambak ikan kerapu, dan lain-lain. Spot pemancingan kiloan sudah ditata dengan baik, dilengkapi saung, kursi dan meja. Tapi untuk kolam lomba masih terbuka.

Menurut pemiliknya, untuk kolam lomba ikan yang tersedia adalah ukuran 1 kg ke atas sampai 2, 5 kg.  Jadi kalau ikannya sudah besar, maka perlawanan ikan sangat kencang. Di situlah letak sensasi memancing bandeng. Sekalipun ukurannya relatif kecil, tetapi perlawanannya luar biasa.

Ketika  pancing   “strike”, ikan akan kabur ke sana ke mari dengan kencang, memberikan perlawanan yang dahsyat sehingga pertarungan sangat seru. Dan ketika kita mencoba melakukan perlawanan, atau menahan perlawanan ikan, maka ikan akan berusaha meloncat ke udara. Perilaku seperti ini mirip ikan marlin yang menjadi favorit pemancing laut. Perilaku perlawanan ikan bandeng saat dipancing akan terus berlangsung berkali-kali, bertahan lama dan membuat pemancing harus mengerahkan keahlian dan stamina untuk menaklukkannya. Demikian juga peralatan pancing harus betul-betul kuat.

Perlawanan ikan Bandeng sangat beda dengan ikan mas, memang  belum ada yang  bisa memberikan ukuran yang pasti, tapi dari pengalaman mancing, kalau ikan bandeng 1 kg perlawanannya hampir menyamai ikan mas berbobot 6 atau 8 kg. Tapi karakter perlawanannya berbeda.

Kalau  dilihat dari karakter agresifitasnya ketika saat dipancing, ikan mas biasanya hanya melakukan perlawanan lari kiri atau ke kanan atau mengendap ke bawah, tidak sampai meloncat ke udara. Tapi kalau ikan bandeng, dia akan memberikan perlawanan yang  gencar, dan sering meloncat ke udara. Silakan mencoba. ***

Pemancingan ikan bandeng Hawaii, Kronjo, Tangerang. Foto: Banjar S
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *