Seleksi Film Indonesia untuk Oscar 2021 Dimulai

 Seleksi Film Indonesia untuk Oscar 2021 Dimulai

[21:48, 9/12/2020] +62 838-9763-9045: Garin Nugroho, Ketua Komite Seleksi Film Indonesia yang akan diikutkan ke ajang Oscar.Foto : Istimewa

JAYAKARTA NEWS— Meski masih delapan bulan ke depan, yaitu 25 April 2021, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) sudah sibuk mempersiapkan 1 film Indonesia yang akan dikirim ke ajang Oscar alias Academy Award ke-93. Sebagaimana sebelumnya, PPFI telah resmi ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia yang mengirimkan film Indonesia ke ajang festival film Oscar di Amerika.

Baru-baru ini, telah dibentuk Komite Seleksi Oscar RI yang bertugas memilih film Indonesia yang akan diikutkan ke ajang tersebut. Kamis (10/9/2020) telah digelar rapat perdana secara daring. Dan sineas Garin Nugroho telah ditetapkan sebagai ketua serta Titien Wattimena sebagai Sekretaris Komite Seleksi.

Terpilih 13 insan film sebagai Komite Seleksi yang akan mengikuti Oscar untuk kategori International Feature Film Awards (dulu best foreign language film awards). Terdiri atas profesional dan pengamat film, ke-13 anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia adalah Alim Sudio, Tya Subiakto, Benny Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Zairin Zain, Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid dan Titien Wattimena.

Proses penilaian akan dilakukan 11 sampai 23 September 2020. Anggota Komite Seleksi harus memilih 3 sampai 5 film pilihan. Hasilnya akan diumumkan 23 September sebagai penutupan akhir untuk film pilihan Komite Seleksi 2020 sebagai film unggulan. Dan negara diluar Amerika harus mengirimkan 1 film sebagai wakil resmi.

“Prosedur pemilihan dikembalikan pada etika profesional masing-masing anggota dalam menilai dan memilih film yang akan dikirim ke ajang Oscar di Amerika,” kata Garin Nugroho sembari ditambahkan, film tersebut telah tayang selama minimal 7 hari di bioskop, 1 Oktober 2019 sd Desember 2020. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *