Sekda Kota Bandung Yosi Irianto Nyalon Walikota

 Sekda Kota Bandung Yosi Irianto Nyalon Walikota
Yosi Irianto calon Walikota Bandung.

BARU-baru ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung), bekerjasama dengan Lembaga Survei Indobarometer, merilis kabar bahwa Sekda Kota Bandung Yosi Irianto merupakan salah satu kandidat atau calon kuat dan populer dalam Pilkada Kota Bandung 2018.

Sosok Yosi Irianto di kota Bandung selama ini dikenal sebagai duet pemerintahan yang terbilang sukses dan cocok dengan Ridwan Kamil (Kang Emil). Di lingkungan pemerintahan kota Bandung dan masyarakat kota Bandung, dijuluki pejabat yang ramah, terkenal tangguh merawat kebinekaan toleran dan dikenal pelayan mayarakat yang dekat dengan rakyat.

Yosi Irianto menitik karier dari Camat Ciwastra Buahbatu, dan lama malang-melintang mengabdi di Dinas Pendapatan Kota Bandung. Dari catatan yang ada Yosi Irianto secara resmi telah diusulkan oleh DPC Partai Golkar Jabar. Bukan itu saja, Yosi Irianto telah mendaftar sebagai peserta konvensi Partai Demokrat.

Menurut Kang Yosi, “niat nyalon atau ikut berkompetisi”semata untuk kemajauan dan rakyat kota Bandung.Untuk meneruskan Keberhasilan Kang Emil. Dikabarkan Kang Yosi berani dan bertekad bulat nyalon karena Kang Emil nyalon Gubernur Jabar. Dari pemantauan di lapangan, berseliweran bakal calon Walikota Bandung, dari mulai presenter “kolot” Farhan sampai juara bulutangkis olimpiade Ricky Subagja.

Ada juga nama Nurul Arifin,Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial, politisi PDIP mantan Wakil Walikota Bandung di era Dada Rosada yakni Ayi Vivanada, dan sejumlah nama calon perseorangan. Diramalkan balon Walikota/Wakil Walikota Bandung diprediksi akan lebih dari tiga pasangan.

Dari perjalanan Walikota Bandung yang menjabat dari masa ke masa, khususnya di era Orde Baru, walikotanya selalu terkenal dan termasyhur. Di zaman Orde Baru selalu dijabat perwira TNI-AD berpangkat kolonel senior dan merupakan tokoh kota Bandung terkenal. Sebut saja  Kolonel Oce Junjunan (suami ceu Popong), Kolonel Husen Wangsa Atmaja, Kolonel Ateng Wahyudi, Kolonel Wahyu Hamijaya, terakhir Kolonel AA Tarmana. Semuanya tokoh TNI terkenal dan dikenal warga Bandung.

Setelah tidak dijabat TNI di era reformasi terpilih walikota PNS pertama Dada Rosada. Selanjutnya oleh rakyat biasa Ridwan Kamil seorang arsitek dan wakilnya Mang Oded M Danil. Akankah Walikota Bandung kembali dijabat oleh kalangan sipil? ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *