Secangkir Cinta Indonesia di Ranah Kopi

 Secangkir Cinta Indonesia di Ranah Kopi
Lukisan dinding, dan desain interior lantai dasar cofee shop Ranah Kopi, Jl. Raya Margonda, Depok. Foto: Roso Daras

SUDAH empat tahun coffee shop “Ranah Kopi” mewarnai Jalan Margonda Raya, Depok. Ia bukan satu-satunya. Masih banyak lagi coffee shop lain, dengan segmen yang berbeda, dan daya jual yang berbeda juga.

Dus, apa istimewanya Ranah Kopi? Selera kopi bisa beda, tetapi Ranah Kopi menyajikan secangkir cinta Indonesia dalam desain interiornya. Begitulah, sang pemilik, pasangan Muhasin dan Oka Aurora itu memang gandrung Indonesia. Mereka sama-sama penyuka sejarah. Sama-sama pengagum para pendiri bangsa.

Tidak heran jika di dinding coffee shop, baik yang di lantai dasar maupun di lantai dua, terdapat coretan pelukis dengan objek para tokoh sejarah bangsa.Lukisan dinding di lantai dua misalnya, meski tidak sama persis, tetapi tampak empat tokoh bangsa yang sedang ngopi: HOS Cokroaminoto, Bung Karno, Bung Hatta, dan pria bertopi dan kerkacamata tebal yang kemungkinan Agus Salim.

Tempat ngopi yang berada di dekat kantor BTN Margonda itu, boleh dibilang, tidak terlalu mencolok. Meski begitu, para pengunjung, umumnya pelanggan tetap.

Selain penikmat kopi, mereka pastilah penyuka Indonesia. Lebih khusus lagi, penyuka sejarah. Ini adalah tempat yang cocok bagi penikmat kopi yang tak melukapan sejarah bangsanya. Yang membanggakan, mayoritas pengunjung justru usia muda. Bahkan, kabar terakhir dari sang pemilik, mereka sedang merancang sebuah acara diskusi sejarah yang sedia digelar secara reguler.

Sebagai tempat kongkow, Ranah Kopi terbilang strategis dan nyaman. Tidak terlalu bising, dan banyak objek selfie. Selain foto dan lukisan dinding yang menarik, pengelola juga memajang beberapa benda antik di berbagai sudut ruang. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *