Sayur Lilin Khas Luwuk

 Sayur Lilin Khas Luwuk

MUNGKIN asing mendengar sayur lilin, karena ini memang tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Luwuk Banggai Sulawesi. Namun dalam perkembangannya, tanaman ini sudah dibudidayakan di daerah Cipanas Jawa Barat.

Sayur lilin adalah sebutan untuk jenis sayuran yang berasal dari bunga rumput, yaitu sejenis rumput gajah. Bentuknya panjang dan bulat seperti lilin, sehingga begitulah namanya disebut.

Bunga yang diambil adalah bunga yang belum mekar, masih kuncup. Bentuk fisiknya seperti jagung tetapi ramping dan panjang, ada kelopak yang menutupi bunga yang belum mekar.

Warna bunganya kekuningan, dan seperti gandum yang berupa bulir-bulir halus. Sehingga kalau sudah dimasak terasa halus di mulut saat disantap. Di Luwuk, biasanya sayur lilin ini diolah menjadi masakan berkuah, bisa digabungkan dengan sayur bayam atau sayur terong ungu.

Ada juga yang mengolah sayur lilin ini dengan cara digoreng. Dengan memakai bahan-bahan seperti bawang putih, tepung Serbaguna, tepung Maizena, tepung Roti, semua bahan dicampur dan dijadikan adonan. Lalu sayur lilin dibungkus adonan dan digoreng sampai krispi. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *