Saya Menamakannya “Ustadigital”

 Saya Menamakannya “Ustadigital”

SEBENARNYA ide ini lahir dari iseng-iseng. Tapi sepertinya bakal jadi beneran. Ide awalnya, “bisakah siaran langsung dari platform webinar disiarkan lagi ke platform Youtube dan Facebook”? Setelah diutak-atik ternyata bisa!

Seketika saja terpikir ide, bagaimana kalau metode ini digunakan untuk membuat program khusus Ramadan? Webinar memungkinkan dialog antarpeserta di berbagai lokasi berbeda. Youtube dan Facebook untuk publikasi sehingga penonton bisa tak terbatas di seluruh dunia.

Gambaran sederhananya bisa seperti ini.

Live interactive

Ada seorang ustad di satu tempat. Bisa studio, bisa rumah, masjid dan lain-lain. Bisa di Jakarta, di Makkah, di California atau di mana saja. Yang penting online.

Ada lagi seorang artis yang sedang bukber bersama anak yatim di sebuah restoran atau di rumahnya. Bisa di Medan, Surabaya, Jakarta atau Bandung. Yang penting online.

Ada lagi sekelompok remaja masjid sedang bikin acara ngabuburit di masjid atau di mushola sekolah. Lokasinya bisa di Tegal, Jambi, Ambon atau Manado. Yang penting online.

Ada juga sekumpulan sosialita sedang hang out menunggu beduk magrib di sebuah cafe. Bisa di Jakarta, Kuala Lumpur, atau Singapura. Yang penting online.

Daftarnya bisa ditulis panjang banget. Sebab webinar bisa mengakomodasi hingga 5.000 orang di tempat berbeda melalui internet.

Nah, mereka semua saling berdialog secara jarak jauh dipandu seorang host. Tema diskusinya bebas. Misalnya aktivitas masing-masing seputar Ramadan.

Live broadcast

Selain bisa disaksikan langsung para peserta melalui platform webinar, dialog interaktif jarak jauh tersebut juga disiarkan langsung melalui Youtube dan Facebook. Maka siapa pun di mana pun bisa mengikuti siarannya.

Jadilah acara ngabuburit yang seru dan berbeda. Ustad mengisi tausyiah dengan interaktif bersama peserta dan ditonton publik tanpa bertatap muka. Saya menamakannya ustadigital. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *