Connect with us

Ekonomi Kreatif

Sandiaga Pun Nyanyikan Sinanggar Tulo di Workshop KaTa Kreatif Kabupaten Samosir

Published

on

SAMOSIR, JAYAKARTA NEWS – Ada yang menarik dalam acara workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Samosir, yakni saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ditantang untuk bernyanyi Sinanggar Tulo oleh pelaku ekonomi kreatif yang hadir. 

Menparekraf Sandiaga Uno pun bernyanyi Sinanggar Tulo bersama pelaku ekonomi kreatif yang hadir dalam acara KaTa Kreatif Kabupaten Samosir di Aula Serba Guna Sopo Bolon HKBP Pengururan, Kamis (20/7/2023).

Menparekraf Sandiaga dengan suka cita menyanyikan lagu Sinanggar Tulo diiringi tarian Tortor Panomu nomuon.

“Saya dulu SD di PSKB Kebayoran Baru, setiap pagi kami diminta bernyanyi Sinanggar Tulo, mangkannya saya hafal lagu ini,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sinanggar Tulo merupakan lagu daerah berbahasa Batak dan Melayu yang berasal dari Provinsi Sumatra Utara. Lagu ini biasanya digunakan untuk memeriahkan Tari Tortor dan dinyanyikan dengan riang. 

Tarian Tortor sendiri merupakan jenis tarian purba dari Suku Batak, Sumatra Utara, yang meliputi Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Tapanuli Tengah, dan juga Samosir. 

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony. Turut hadir Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom. ***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *